Antisipasi Kemacetan, Tol Gempas Alternatif Jalur Mudik

PASURUAN – MG : Pengerjaan konstruksi ruas Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 34,15 kilometer (km), hingga saat ini masih dikebut penyelesaiannya. Diharapkan ruas tol nantinya dapat digunakan untuk memperlancar arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 H. “Saya telah meminta pada pihak pelaksana untuk mengecek kesiapan ruas jalan tol untuk bisa dipergunakan pada keperluan arus mudik nanti. Saat ini masih dilakukan koordinasi untuk mengecek kelayakan,” ujar Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, kemarin.
    
Menurut Bupati, bila ruas Tol Gempol-Pasuruan hingga seksi PIER Rembang tersebut nanti akan digunakan untuk alternatif  arus mudik. Hal itu dilakukan untuk memperlancar arus mudik dan mengurangi kemacetan di jalur Pantura. Namun, hingga kini masih terkendala oleh pembebasan lahan yang belum rampung seratus persen. Seperti di Desa Wonokoyo, Kecamatan Beji dan di Desa Pajaran, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Sehingga pada titik tersebut belum dilakukan pengaspalan jalan.
    
“Sampai sekarang masih ada 14 petak yang belum dibebaskan. Dan saya telah mengkoordinasikannya dengan Tim Pembebasan Tanah (TPT) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan tol. Saya desak mereka untuk segera diselesaikan. Karena bila tol selesai dan bisa digunakan, kepadatan jalur pantura akan terurai, ” ungkapnya.
    
Selain itu, Bupati Irsyad mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk menjawab kemacetan di kawasan Bangil yang akan jadi jalan arus mudik lebaran Idul Fitri nanti. “Saya sudah lakukan langkah antisipasi soal kemacetan di Bangil. Alhamdulillah, usulan saya diterima untuk sementara jalur tol digunakan arus mudik bilamana di kawasan Bangil terjadi kemacetan. Ini hanya selama arus mudik,“ jelasnya.
    
Sekedar diketahui, pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan merupakan pemenuhan infrastruktur di Jawa Timur yang cukup mendesak seiring dengan kepadatan arus kendaran dan kelancaran roda perekonomian di kawasan timur. Selain ruas tol Gempol-Pasuruan yang akan dilanjutkan dengan pembangunan ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo yang direncanakan tahun depan. (Ida)

Berita Majalah Global Edisi 058, Juli 2016 :

Walikota Mojokerto Berangkatkan 13 Kafilah MTQ Korpri ke Provinsi
Antisipasi Kemacetan, Tol Gempas Alternatif Jalur Mudik
DPRD Kabupaten Mojokerto Membahas KUA-PPAS Tahun Anggaran 2017
Kebakaran Toko Buku Gramedia Kediri Masih Diselidiki
Perlu Pembenahan, Fasilitas Jembatan Suroboyo Minim
Panglima TNI Gertak Filipina
Kumpulkan Warga Perantauan Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *