Polres Kediri Sosialisasikan Program E-CJS Plus

KEDIRI – MG : Sebagai bentuk pelayana kepada masyarakat, Polres Kediri mempunyai program Elektronic Criminal Justice Sistem (E-CJS) plus. Program tersebut sudah mencangkup e-Tipiring, s-Sidik, e –
Tilang, dan e-SP2HP. Kapolres Kediri, AKBP Akhmad Yusep Gunawan menjelaskan program tersebut yang pertama di Indonesia. Karena dengan program tersebut akan mempermudah masyarkat yang terkena tilang. Masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran tilang tidak perlu datang ke pengadilan akan tetapi cukup melalui aplikasi e-Tilang.
    
“Ini salah satu wujud transparansi kepada masyarakat,” ujarnya (19/10). Adanya e-CJS Plus, masyarakat bisa langsung mematau terkait pelaporan kasus di kepolisian. Apakah kasus tersebut sudah dilimpahkan di kejaksaan atau masih di kepolsian langsung bisa di pantau.Sosialisasi E-Tilang ini digelar Polres Kediri di Monumen Simpang Lima Gumul. Sosialisasi berlangsung usai penandatanganan MoU antara seluruh penegak hukum, Polres Kediri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan, Lembaga Permasyarakatan dengan Pemkab Kediri yang dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.
    
Oktavia, salah seorang pengguna jalan asal Kabupaten Tulungagung mengatakan, E-Tilang sangat mempermudah dirinya dalam mengurus pelanggaran tilang. Dirinya mengaku, tidak perlu pergi ke Pengadilan untuk mengikuti sidang, karena memanfaatkan fasilitas e-Tilang di tempat.
     
Dalam pelaksanaannya, selain bekerjasama dengan Pengadilan, Pemkab Kediri dan Kejaksaan Negeri, Polres Kediri juga menggandeng Bank BRI dan vendor penyedia layanan telekomunikasi, dalam proses pembayaran denda tilang dan sisten transaksi elektroniknya.
     
Untuk dapat mengakses E-Tilang, masyarakat cukup mendownload aplikasi E-Tilang bernana Jangka Jayabaya melalui smartphone dan mengaktifkan fitur pembayaran denda pelanggaran lalu lintas secara online. Selain bisa mempercepat dan mempermuda pengurusan tilang dengan mengedepankan transparansi, sistem E-Tilang diharapkan bisa menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Kediri. (Bowo)

Berita Majalah Global Edisi 061, Oktober 2016 :

Tax Amnesty RI Terbaik di Dunia
Polres Kediri Sosialisasikan Program E-CJS Plus
Keluarkan Bau Busuk, DPRD Kabupaten Mojokerto Ingatkan Pabrik Karet PT.BNM
Pajak Hotel dan Restoran Dikordinasikan Bersama PHRI dan Polres Mojokerto
Walikota Mojokerto: Angka Pengangguran Makin Tahun Kian Susut
Pangdam: Prajurit TNI Siaga di Lokasi Bencana
Kaya Mendadak sejak Ikut Dimas Kanjeng
Kerajinan Jimbe Banyuwangi Tembus Pasar Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *