Puskesmas Bacem Dapatkan Hasil 100% Dalam Lakukan RCA Di Dua Desa

BLITAR – MG : Setelah kegiatan PIN Polio 2016 berlangsung dengan lancar, Puskesmas Bacem malakukan  kegiatan RCA (Rapid Convenience Assesment) Di Dua Desa, melakukan identifikasi anak-anak yang tidak mengikuti vaksinasi selama kampanye, khususnya di desa Candirejo dan Ringin Anyar kec, Ponggok Kabupaten  Blitar, semua KK yang mempunyai Balita telah datang kePos PIN terdekat untuk diberikan PIN Polio.
           
Untuk wilayah Desa Candirejo RT, 1/8, 1/7, 1/5, dilaksanakan di Posyandu Mawar tercatat ada  (20) Responden  (20) sasaran yang di Imunisasi dan tercatat ada (20) Responden (20) sasaran  di Desa Ringin Anyar RT, 1/1, 2/1, 3/1, dilaksanakan di posyandu Dewi Kunti dengan mengambil semple 20 KK, (Alkhadulilah) semua berjalan lancar, RCA (Rapid Convenience Assesment) di laksanakan serentak pada tgl 22 maret 2016 kemarin, dan di dampingi langsung oleh petugas dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Ungkap Rahayu.
           
Kepala Puskesmas Bacem Dr. IN Suhardi, S,KEP,NS, menuturkan RCA adalah format yang digunakan untuk kegiatan evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan imunisasi. Bertujuan untuk mengetahui hasil ataupun proses kegiatan bila dibandingkan dengan target yang ditetapkan.
            
RCA adalah alat untuk membantu mengidentifikasi anak-anak yang tidak mengikuti vaksinasi selama kampanye tetapi tidak digunakan untuk mengukur cakupan imunisasi. Pengamat atau pihak yang melakukan RCA harus mengidentifikasi dengan cara menanyakan kepada masyarakat secara langsung  terutama di daerah terpencil yang jauh dari situs vaksinasi,
            
RCA adalah cara penilaian cepat yang dikenalkan oleh Schrimshaw SCM & Hurtado (1992) untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang hal apa saja yang melatar belakangi perilaku kesehatan masyarakat termasuk faktor sosial budaya dalam waktu yang relatif singkat.
       
Teknik pengumpulan data yang umunya digunakan pada RCA adalah wawancara mendalam (Indepth Interview) yang dilakukan pada perorangan. Informasi yang didapatkan dari penelitian ini berupa kata-kata yang di intepretasikan maknanya melalui Content Analysis, imbuhan  (Irvan/bowo)    

Berita Majalah Global Edisi 055, April 2016 :

Wapres Dukung Kemajuan Industri Otomotif
Hakim Kabulkan Gugatan La Nyalla
Karang Werda “RIAS”, Wakili Kota Mojokerto Tingkat Jatim
Soal Turunnya Produksi Gabah Kering, Dewan Salahkan Dinas Pertanian
Subbag Humas Polres Pasuruan Digembleng Kehumasan Polda
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Rancang Masjid Teknologi Canggih
Puskesmas Bacem Dapatkan Hasil 100% Dalam Lakukan RCA Di Dua Desa
Bupati Tulungaung Serahan Delapan Ranperda Kepada DPRD
Dinas Pendidikan Kab, Blitar Siap Monitoring Tahapan UN Tingkat SMA/SMK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *