Koordinator Jam'iyah Ukhuwah Islamiyah Peduli Korban Kebakaran Dusun Bagusan

Koordinator Jam'iyah Ukhuwah Islamiyah Peduli Korban Kebakaran Dusun Bagusan

Mojokerto, majalahglobal.com : Selama masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal di tengah masih merebaknya pandemi seperti saat sekarang ini, menimbulkan kondisi ekonomi yang berlangsung sangat memprihatinkan bagi semua kalangan masyarakat Indonesia bahkan skala global. Tak jarang sedikit terwujud perasaan khawatir, penuh pertimbangan atau masih pikir-pikir ketika kita mengilhami sebuah gagasan niat mulia untuk sama-sama saling berbagi. 


Jarang sekali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun luar biasa nya, kisah langka tersebut didapati setelah adanya peristiwa kemalangan di wilayah kewenangan Kepala Desa Terusan (H. Eko Edi Sutarno SH). Yakni tatkala aksi kepedulian masyarakat yang dilakukan oleh nya bisa "menular" ke orang yang lain, serta menjadikan gerakan peduli sosial secara bersama-sama demi memberikan bantuan ataupun dukungan kepada keluarga korban kebakaran yang notabene menjadi penduduk nya. 


Di tengah kondisi keluarga korban yang tak karuan dan tak tentu arah semacam saat ini, maka dihadirkanlah KJUI (Koordinator Jam'iyah Ukhuwah Islamiyah) Jamaah Takmir Masjid Al~Ittihad yang didukung oleh BMT Al~Ukhuwah, Baitul Maal Wat Tamwil Karyawan PT. Tjiwi Kimia TBK untuk ikut serta, andil berpartisipasi Peduli Korban Kebakaran dengan perwakilan nya yaitu Bapak H. Suliadi selaku Takmir Masjid, Jumat malam (09/10/20). 


Dalam penuturan nya ia mengatakan, "Kami dari KJUI (Koordinator Jam'iyah Ukhuwah Islamiyah) selaku Takmir Masjid Al~Ittihad yang didukung oleh BMT Al~Ukhuwah, Baitul Maal Wat Tamwil Karyawan PT. Tjiwi Kimia TBK ikut berpartisipasi Peduli Korban Kebakaran. Meskipun nilai santunan ini tidak seberapa, tapi semoga bisa meringankan beban keluarga. Hari Rabu tanggal 07 Oktober 2020 kemarin, kami menyampaikan nya melalui rapat bersama teman-teman. Alhamdulillah, bisa langsung di ACC." Imbuh pria Karyawan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia yang berdomisili di area Jetis tersebut. 


Sembari tersenyum, Abah Eko pun menanggapi "Apa pun bentuknya, kepedulian sosial semacam ini sangat bermanfaat bagi korban di kondisi pasca kebakaran layaknya seperti sekarang ini. Kami selalu berupaya untuk meringankan beban orang lain, sesuai dengan kemampuan kita. Kami yakin, jika kita melapangkan masalah hidup orang lain dengan ikhlas, InshaAllah masalah kita akan dilapangkan pula oleh Allah. Mungkin tidak sekarang, bisa jadi mungkin besok atau lusa" Tutup nya dalam keharuan suasana. 


Di tempat yang sama, hadir pula Bapak Kunjoyo SH. (Kabid Kesejahteraan) Perwakilan Serikat Pekerja KEP SPSI PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Yang mana pada malam sebelumnya, Selasa (06/10/20) beliau juga telah menyerahkan penyaluran bantuan secara langsung kepada pihak korban kebakaran yang didampingi oleh Abah Eko, Panggilan akrab Kades Terusan. 


Usut punya usut ternyata diantara mereka bertiga, yakni Lurah Terusan H. Eko Edi Sutarno SH, Bapak Kunjoyo SH, dan Bapak H. Suliadi adalah para rekan-rekan karyawan dari PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia yang dapat menumbuhkan sikap dan tindakan saling peduli serta berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, pro aktif, kesetiaan, kebersamaan, ikatan sosial demi terbangun nya rasa kemanusiaan saling tolong-menolong antar sesama yang membutuhkan, dan ini sebagai perwujudan dari kesadaran serta tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. 


Di akhir momen selanjutnya, paklis (64) memaparkan kalimat, "Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikhlas menyisihkan sebagian dari rezekinya untuk diberikan kepada kami. Dan semoga semua siapa saja yang ikut berkecimpung bekerja keras di dalam nya, sehingga bantuan ini telah sampai kepada kita, semoga dibalas oleh Allah dengan pahala berlipat ganda. Aamiin." Pungkasnya. (Agung Chornelis)

Malang
Ponorogo

 







Atas