SAMBUT HUT TNI KE-75 PANGKOARMADA 2 ZIARAH KE MAKAM GUSDUR

SAMBUT HUT TNI KE-75 PANGKOARMADA 2 ZIARAH KE MAKAM GUSDUR

Jombang – Pangkoarmada 2 Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng Jombang. Rabu, ( 23/09/2020).

Pangkoarmada tiba di komplek Ponpes Tebuireng pukul 07.50 WIB didampingi oleh Pangdiv 2 Kostrad, Gubernur AAL, Kaskogartap dan Dan Lanud Juanda Surabaya. Kedatangan Pangkoarmada 2 dan rombongan disambut oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto SH, Dandim 0814/Jombang Letkol Inf Triyono, S.E serta Forkopimda Kabupaten Jombang. Setelah itu Pangkoarmada 2 dan rombongan diterima oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH. Abdul Hakim Mahfud (Gus Kikin) dan para Kiayi di Dalem kasepuhan diantaranya KH. Fahmi Hadzik dan KH. Rizal Yusuf.

Setelah acara ramah tamah di Dalem kasepuhan, Pangkoarmada 2 bersama rombongan memasuki komplek makam Ponpes Tebuireng untuk melakukan Ziarah.

Di komplek makam tersebut, selain terdapat pusara Gus Dur, juga terdapat pusara Pahlawan Nasional lainnya yaitu pendiri NU KH. Hasyim Asyari. Beliau adalah kakek dari Gus Dur dan ayahanda dari KH. Wahid Hasyim mantan menteri Agama RI.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada Arwah para pahlawan, kemudian mengheningkan cipta dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh Pangkoarmada 2. Dalam kesempatan ini, Pangkoarmada 2 Laksamana Muda Heru Kusmanto melakukan tabur bunga di ketiga makam para pahlawan nasional tersebut, setelah itu Pangkoarmada 2 dan rombongan melakukan doa di pusara Gus Dur didampingi Pangdiv 2 Kostrad, Gubernur AAL, Kaskogartap dan Dan Lanud Juanda serta ulama Ponpes Tebuireng.

Usai melaksanakan Ziarah Pangkoarmada2 melaksanakan Foto bersama, dilanjutkan press release. Pangkoarmada 2 menyampaikan, “Ziarah Rombongan dalam rangka HUT TNI KE 75 dilaksanakan di beberapa tempat makam para mantan presiden diantaranya Jakarta, Surakarta, Blitar dan Jombang. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem, Para Dandim, Kapolres, Bupati dan pengurus Ponpes Tebu Ireng Jombang yang telah membantu dalam pelaksanaan ziarah rombongan ini ” Ujar Pangkoarmada 2.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Dariyanto mengatakan, “kegiatan ziarah ke makam mantan Presiden dan pahlawan nasional yang dilaksanakan setiap menjelang HUT TNI ini sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI, untuk tahun ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19 serta kesibukan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto maka acara ziarah ke makam Gus Dur diwakilkan kepada Pangkoarmada 2,” ujar Danrem. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *