Komsos Kreatif, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Lomba Tari Kreasi Perjuangan

Mojokerto, - Kebudayaan sebagai pondasi karakter bangsa harus terus dijaga, dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda selaku generasi penerus bangsa.  Untuk itu, dalam upaya melestarikan kebudayan daerah, Kodim 0815/Mojokerto menggelar lomba seni tari perjuangan bagi Pelajar SMA/SMK/Sederajat se-Mojokerto Raya.  Lomba Seni Tari Kreasi Perjuangan dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 0815/Mojokerto Tahun Anggaran 2020 bertema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif”, ini digelar di Pendopo Griya Paramitra Asrama Korem 082/CPYJ, Jalan Gajah Mada Nomor 4 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (09/09/2020).  Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., melalui sambutannya yang dibacakan Kasdim 0815 Mayor Inf M. Jenal Arifin, menegaskan, Komsos Kreatif yang dikemas dalam Lomba Tari Kreasi Perjuangan ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat umum, mahasiswa, pelajar, dalam rangka berpartisipasi dibidang pertahanan negara, membantu kesulitan rakyat dan mendukung Tugas Pokok TNI AD khususnya dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dengan mengangkat kesenian  tradisional.       Melalui lomba ini, lanjutnya, kita dapat melestarikan kesenian tradisional, mengangkat kebudayaan daerah dan kearifan lokal lainnya.  “Dengan lomba ini, diharapkan generasi muda khususnya pelajar SLTA/Sederajat di Mojokerto Raya dapat berpartisipasi secara aktif di bidang pertahanan negara melalui pelestarian kesenian tradisional sehingga semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara,” harapnya.  “Ajang lomba ini juga diharapkan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Tercapainya pemahaman dan partisipasi komponen bangsa dalam upaya pertahanan negara dan terwujudnya jalinan kerja sama yang harmonis dalam mewujudkan cita-cita bangsa,” tandasnya.  Pantauan di lapangan, hasil lomba tari kreasi perjuangan yang diikuti 20 Tim Pelajar SMA/SMK se-Mojokerto Raya, secara berturut-turut diraih SMKN 1 Dawarblandong sebagai Juara 1, SMKN 1 Sooko di posisi runner up dan SMKN 1 Kemlagi sebagai juara III.  Selain trophy dan piagam, untuk juara I, II, III, juga menerima dana pembinaan, masing-masing sejumlah 2 juta, 1,5 juta dan 1 juta. Ketiga Tim ini akan mewakili Kodim 0815/Mojokerto untuk mengikuti Lomba Tari Kreasi Perjuangan di tingkat Korem 082/CPYJ.  Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Kepala Cabang Diknas Provinsi Jatim wilayah Kab/Kota Mojokerto, Sekretaris Disparpora Kabupaten Mojokerto, Sekretaris Disparpora Kota Mojokerto, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0815, Dewan Juri dan Peserta lomba tari kreasi perjuangan. (Jayak)
Komsos Kreatif, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Lomba Tari Kreasi Perjuangan

Mojokerto, - Kebudayaan sebagai pondasi karakter bangsa harus terus dijaga, dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda selaku generasi penerus bangsa. Untuk itu, dalam upaya melestarikan kebudayan daerah, Kodim 0815/Mojokerto menggelar lomba seni tari perjuangan bagi Pelajar SMA/SMK/Sederajat se-Mojokerto Raya.


Lomba Seni Tari Kreasi Perjuangan dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 0815/Mojokerto Tahun Anggaran 2020 bertema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif”, ini digelar di Pendopo Griya Paramitra Asrama Korem 082/CPYJ, Jalan Gajah Mada Nomor 4 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (09/09/2020).


Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., melalui sambutannya yang dibacakan Kasdim 0815 Mayor Inf M. Jenal Arifin, menegaskan, Komsos Kreatif yang dikemas dalam Lomba Tari Kreasi Perjuangan ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat umum, mahasiswa, pelajar, dalam rangka berpartisipasi dibidang pertahanan negara, membantu kesulitan rakyat dan mendukung Tugas Pokok TNI AD khususnya dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dengan mengangkat kesenian tradisional.     


Melalui lomba ini, lanjutnya, kita dapat melestarikan kesenian tradisional, mengangkat kebudayaan daerah dan kearifan lokal lainnya. “Dengan lomba ini, diharapkan generasi muda khususnya pelajar SLTA/Sederajat di Mojokerto Raya dapat berpartisipasi secara aktif di bidang pertahanan negara melalui pelestarian kesenian tradisional sehingga semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara,” harapnya.


“Ajang lomba ini juga diharapkan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI AD dengan masyarakat, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Tercapainya pemahaman dan partisipasi komponen bangsa dalam upaya pertahanan negara dan terwujudnya jalinan kerja sama yang harmonis dalam mewujudkan cita-cita bangsa,” tandasnya.


Pantauan di lapangan, hasil lomba tari kreasi perjuangan yang diikuti 20 Tim Pelajar SMA/SMK se-Mojokerto Raya, secara berturut-turut diraih SMKN 1 Dawarblandong sebagai Juara 1, SMKN 1 Sooko di posisi runner up dan SMKN 1 Kemlagi sebagai juara III.


Selain trophy dan piagam, untuk juara I, II, III, juga menerima dana pembinaan, masing-masing sejumlah 2 juta, 1,5 juta dan 1 juta. Ketiga Tim ini akan mewakili Kodim 0815/Mojokerto untuk mengikuti Lomba Tari Kreasi Perjuangan di tingkat Korem 082/CPYJ.


Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Kepala Cabang Diknas Provinsi Jatim wilayah Kab/Kota Mojokerto, Sekretaris Disparpora Kabupaten Mojokerto, Sekretaris Disparpora Kota Mojokerto, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0815, Dewan Juri dan Peserta lomba tari kreasi perjuangan. (Jayak)

Malang
Ponorogo

 







Atas