Tingkatkan Kemampuan Anggota, SCS SMAN 3 Lumajang adakan Pelatihan Jurnalistik

 

Lumajang - majalahglobal.com : Study Club Sejarah SMA Negeri 3 Lumajang, pada hari sabtu (8/8), mengadakan pelatihan jurnalistik di Warung Kembang (Warkem) Toga.  Adapun pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota SCS dalam hal menulis berita.   Bapak Drs Joni, Mpd Pembina SCS dalam sambutannya mengatakan " Semoga acaranya lancar dan ilmunya dapat diserap oleh semua anggota ", katanya.   Sementara itu Dandy Kris Indrawan selaku pemateri menjelaskan bahwa "Menulis berita itu harus ringkas , lugas dan mengikuti kaidah 5W1H."  "Syarat syarat berita itu ada empat, yaitu berdasar fakta di lapangan , aktual ( terkini), berimbang dan lengkap" , ujarnya.   "Produk jurnalistik yang lain yaitu opini, merupakan tanggapan permasalahan yang ada dan bisa juga pendapat yang bersumber dari buku dll ", pungkasnya.  Di akhir pemaparan Bung Dandy mengatakan,  "Dalam membuat berita itu yang penting kelengkapan dan akurasinya serta bermanfaat bagi pembaca", ujarnya.   Acara ini diakhiri dengan praktek tentang cara penulisan berita yang benar, bagi anggota SCS yang dipandu langsung oleh pemateri.  Ayoeb Taufani Zaman PonPes Khomsani Nur.
Tingkatkan Kemampuan Anggota, SCS SMAN 3 Lumajang adakan Pelatihan Jurnalistik

Lumajang - majalahglobal.com : Study Club Sejarah SMA Negeri 3 Lumajang, pada hari sabtu (8/8), mengadakan pelatihan jurnalistik di Warung Kembang (Warkem) Toga.


Adapun pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota SCS dalam hal menulis berita. 


Bapak Drs Joni, Mpd Pembina SCS dalam sambutannya mengatakan " Semoga acaranya lancar dan ilmunya dapat diserap oleh semua anggota ", katanya. 


Sementara itu Dandy Kris Indrawan selaku pemateri menjelaskan bahwa "Menulis berita itu harus ringkas , lugas dan mengikuti kaidah 5W1H."


"Syarat syarat berita itu ada empat, yaitu berdasar fakta di lapangan , aktual ( terkini), berimbang dan lengkap" , ujarnya. 


"Produk jurnalistik yang lain yaitu opini, merupakan tanggapan permasalahan yang ada dan bisa juga pendapat yang bersumber dari buku dll ", pungkasnya.


Di akhir pemaparan Bung Dandy mengatakan, "Dalam membuat berita itu yang penting kelengkapan dan akurasinya serta bermanfaat bagi pembaca", ujarnya. 


Acara ini diakhiri dengan praktek tentang cara penulisan berita yang benar, bagi anggota SCS yang dipandu langsung oleh pemateri.


Ayoeb Taufani Zaman

PonPes Khomsani Nur.

Malang
Ponorogo

 







Atas