Tanda Tanda Orang Shidiq, Abid dan Sholih, Ini Penjelasannya

Di dalam Kitab Washiyatul Mushtofa yang berisi beberapa nasehat Rosul SAW kepada Sayyidina Ali disebutkan bahwa :  Ada tiga tanda orang shidiq atau bersungguh sungguh, yaitu : 1.Merahasiakan Ibadah. Maksudnya seseorang harus merahasiakan ibadah sunnah, seperti tahajud, puasa sunah dan sholat sunnah rowatib karena lebih baik dikerjakan dirumah.  2.merahasiakan sedekah.  sedekah yang sifatnya sunnah, seperti infaq ke masjid atau donasi ke anak yatim, sebisa mungkin dirahasiakan agar ikhlash dan terhindar dari riya.Kecuali sedekahnya seorang tokoh yang menjadi panutan, boleh diperlihatkan agar menjadi contoh orang lain untuk ikut bersedekah.  3.Menyembunyikan maksiat. Dalam bermaksiat jangan sampai diperlihatkan, karena itu terkait aib. Bila seseorang menampakkan maksiat maka dikhawatirkan orang lain juga mengikuti maksiat tersebut. Sehingga orang yang bermaksiat secara terang terangan akan ikut menanggung dosa orang yang mengikuti maksiat tersebut.  Adapun tiga tanda abid atau ahli ibadah. 1.Membenci nafsu pribadinya. Maksudnya sebisa mungkin tidak menuruti kesenangan pribadinya, agar tergolong orang orang yang jihad melawan nafsunya.  2.Introspeksi diri.  Artinya seseorang harus banyak mengevaluasi amaliah diri sendiri, supaya bisa dapat berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik.  3.Berlama lama ibadah di malam hari. Amalan yang paling disukai oleh Allah adalah yang dikerjakan di sepertiga malam terkhir.  Untuk itu sebisa mungkin  harus memperbanyak sholat dan dzikir malam dengan tenang dan dalam waktu yang lama. Dengan harapan agar Allah meninggikan maqom orang yg beribadah tersebut.   Sementara itu tanda tanda orang yang sholih yaitu :  1.Memperbaiki hubungan dengan Allah melalui amal sholih, seperti chusnudhon/prasangka baik kepada Allah dan juga senantiasa bersyukur kepadaNya.  2. Berkhidmah terhadap Agama Allah dengan beramal. Maksudnya seseorang harus memperbanyak perbuatan yang berkaitan dengan kelestarian syariat Islam, seperti mengaji, mengamalkan Ilmu, berdakwah dan lain lain.  3.Ridho terhadap orang lain sebagaimana ia ridho terhadap dirinya sendiri. Dalam arti bila kita mau menolong dan menghormati orang lain, maka kita juga akan dihormati dan mendapatkan pertolongan dari orang lain.  Itulah tanda tanda orang yang shidiq, abid dan juga sholih, semoga kita tergolong hamba Allah yang memiliki sifat tersebut, Amin.  Ayoeb Taufani Zaman.  Ponpes Khomsani Nur.
 Tanda Tanda Orang Shidiq, Abid dan Sholih, Ini Penjelasannya

Di dalam Kitab Washiyatul Mushtofa yang berisi beberapa nasehat Rosul SAW kepada Sayyidina Ali disebutkan bahwa :

Ada tiga tanda orang shidiq atau bersungguh sungguh, yaitu :

1.Merahasiakan Ibadah.

Maksudnya seseorang harus merahasiakan ibadah sunnah, seperti tahajud, puasa sunah dan sholat sunnah rowatib karena lebih baik dikerjakan dirumah. 

2.merahasiakan sedekah. 

sedekah yang sifatnya sunnah, seperti infaq ke masjid atau donasi ke anak yatim, sebisa mungkin dirahasiakan agar ikhlash dan terhindar dari riya.Kecuali sedekahnya seorang tokoh yang menjadi panutan, boleh diperlihatkan agar menjadi contoh orang lain untuk ikut bersedekah. 

3.Menyembunyikan maksiat.

Dalam bermaksiat jangan sampai diperlihatkan,

karena itu terkait aib.

Bila seseorang menampakkan maksiat maka dikhawatirkan orang lain juga mengikuti maksiat tersebut. Sehingga orang yang bermaksiat secara terang terangan akan ikut menanggung dosa orang yang mengikuti maksiat tersebut.

Baca Juga :  Filosofi Ketupat Lebaran di Indonesia Khususnya di Pulau Jawa

Adapun tiga tanda abid atau ahli ibadah.

1.Membenci nafsu pribadinya.

Maksudnya sebisa mungkin tidak menuruti kesenangan pribadinya, agar tergolong orang orang yang jihad melawan nafsunya. 

2.Introspeksi diri. 

Artinya seseorang harus banyak mengevaluasi amaliah diri sendiri, supaya bisa dapat berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik. 

3.Berlama lama ibadah di malam hari.

Amalan yang paling disukai oleh Allah adalah yang dikerjakan di sepertiga malam terkhir. 

Untuk itu sebisa mungkin harus memperbanyak sholat dan dzikir malam dengan tenang dan dalam waktu yang lama.

Dengan harapan agar Allah meninggikan maqom orang yg beribadah tersebut.

 

Sementara itu tanda tanda orang yang sholih yaitu : 

1.Memperbaiki hubungan dengan Allah melalui amal sholih, seperti chusnudhon/prasangka baik kepada Allah dan juga senantiasa bersyukur kepadaNya. 

2. Berkhidmah terhadap Agama Allah dengan beramal.

Maksudnya seseorang harus memperbanyak perbuatan yang berkaitan dengan kelestarian syariat Islam, seperti mengaji, mengamalkan Ilmu, berdakwah dan lain lain. 

Baca Juga :  Filosofi Ketupat Lebaran di Indonesia Khususnya di Pulau Jawa

3.Ridho terhadap orang lain sebagaimana ia ridho terhadap dirinya sendiri. Dalam arti bila kita mau menolong dan menghormati orang lain, maka kita juga akan dihormati dan mendapatkan pertolongan dari orang lain.

Itulah tanda tanda orang yang shidiq, abid dan juga sholih, semoga kita tergolong hamba Allah yang memiliki sifat tersebut, Amin.

Ayoeb Taufani Zaman. 

Ponpes Khomsani Nur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *