RUNNING NEWS :
Loading...

Kunci Keberhasilan Seorang Murid

Seringkali seorang murid mengalami kegagalan dalam mencari ilmu,sehingga ilmunya tidak manfaat dan tidak mendatangkan keberkahan .  Oleh sebab itu supaya Murid mencapai keberhasilan dan mendapat Ilmu yang berkah maka harus memenuhii 6 Syarat .  Dalam Kitab Alaala disebutkan Syarat Berhasilnya Ilmu adalah 1. *Cerdas* artinya seorang murid haruslah cepat memahami apa yang disampaikan Guru, dan sebisa mungkin bisa mengamalkan Ilmunya.  2. *Rakus Ilmu* Artinya seorang murid dituntut untuk mempelajari banyak Ilmu, sehingga mempunyai bekal yang lengkap untuk terjun di masyarakat.  3. *Sabar* Seorang Murid harus bisa sabar dalam menyikapi keadaan ,tantangan dan ujian dalam proses mencari Ilmu, karena tidak mungkin ilmu akan didapat dengan tanpa jerih payah. 4. *Ada bekal* Artinya murid harus mempunyai bekal baik secara fisik meliputi sarana untuk belajar seperti buku, pena dll dan bekal secara maknawiyah yaitu tekad yang kuat.  5. *Petunjuk Guru yang mengerti* maksudnya Guru yang mengerti kemauan dan kemampuan anak didiknya dan mampu membimbing murid baik dari segi Aqliyah (akal) maupun Ruhaniahnya.  6. *Waktu yang lama* Untuk bisa mendapatkan ilmu yang luas dan berkah, haruslah melalui proses belajar yang panjang dan itu membutuhkan waktu yang lama.   Ayoeb Taufani Zaman.  PonPes Khomsani Nur Lumajang.
Kunci Keberhasilan Seorang Murid
Seringkali seorang murid mengalami kegagalan dalam mencari ilmu,sehingga ilmunya tidak manfaat dan tidak mendatangkan keberkahan .

Oleh sebab itu supaya Murid mencapai keberhasilan dan mendapat Ilmu yang berkah maka harus memenuhii 6 Syarat .

Dalam Kitab Alaala disebutkan Syarat Berhasilnya Ilmu adalah
1. *Cerdas*
artinya seorang murid haruslah cepat memahami apa yang disampaikan Guru, dan sebisa mungkin bisa mengamalkan Ilmunya.
2. *Rakus Ilmu*
Artinya seorang murid dituntut untuk mempelajari banyak Ilmu, sehingga mempunyai bekal yang lengkap untuk terjun di masyarakat.
3. *Sabar*
Seorang Murid harus bisa sabar dalam menyikapi keadaan ,tantangan dan ujian dalam proses mencari Ilmu, karena tidak mungkin ilmu akan didapat dengan tanpa jerih payah.
4. *Ada bekal*
Artinya murid harus mempunyai bekal baik secara fisik meliputi sarana untuk belajar seperti buku, pena dll dan bekal secara maknawiyah yaitu tekad yang kuat.
5. *Petunjuk Guru yang mengerti*
maksudnya Guru yang mengerti kemauan dan kemampuan anak didiknya dan mampu membimbing murid baik dari segi Aqliyah (akal) maupun Ruhaniahnya.
6. *Waktu yang lama*
Untuk bisa mendapatkan ilmu yang luas dan berkah, haruslah melalui proses belajar yang panjang dan itu membutuhkan waktu yang lama.

Ayoeb Taufani Zaman.
PonPes Khomsani Nur Lumajang.
Malang
Ponorogo

 
Atas