Kasdim 0815/Mojokerto Di Acara Penobatan Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Majapahit

Mojokerto, - Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf M Jenal Arifin hadir dalam acara Penobatan Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit dan Ritual Jamasan/ Sesuci Raga, di Kawasan Petirtaan Jolotundo, Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Ahad (26/07/2020).  Hadir dalam kegiatan, antara lain Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM., mewakili Bupati Mojokerto, Kapolsek Trawas AKP Pujiono, SH, Forpimka Trawas, Ketua Panitia Penyelenggara, Ustadzi Rois, SH., M.Pd., Pihak BPCB Jatim di Trowulan, Ketua Dewan Adat Mojopahit, Ki Gitut Hari Utomo beserta pengurus, Tokoh Adat dan Budayawan Kabupaten Mojokerto dan undangan lainnya.   Kegiatan diawali dengan prosesi Kirab Budaya Nusantara diiringi Tari Budoyo Triloka dilanjutkan Ujud Sesaji. Kemudian acara Jamasan/ Sesuci Raga Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit, Ki Nono Suhartono.     Pada kesempatan tersebut, Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf M. Jenal Arifin didaulat untuk memakaikan Jubah Kebesaran Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit kepada Ki Nono Suhartono, dilanjutkan pemakaian Mahkota oleh Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM. Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan pengucapan Sumpah Amukti Palapa oleh Ki Nanang.  Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Ustadzi Rois, SH., M.Pd., mengatakan, prosesi penobatan dan Jamasan/ Sesuci Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit periode 2020 -2023 di Petirtaan Jolotundo sebagai wujud kecintaan kita atas adat dan budaya Mojopahit yang merupakan sejarah dan leluhur kita yang harus kita jaga kelestariannya.  Senada dengan Panitia Penyelenggara, Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM.,  mengungkapkan, dengan penobatan dan jamasan/Sesuci Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit, semoga dapat mengembangkan dan membesarkan serta melestarikan budaya Mojopahit di Kabupaten Mojokerto, dan atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Mojokerto, Kadisparpora juga mengucapkan selamat dan sukses atas penobatan Ki Nono Suhartono sebagai Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit periode 2020-2023.  Sementara itu, Kasdim 0815/Mojokerto, Mayor Inf M. Jenal Arifin, saat diminta pendapatnya, mengatakan, pihaknya siap mensuport setiap kegiatan yang berdampak positif bagi pembangunan bangsa, utamanya budaya bangsa.  Kasdim berharap dengan adanya pimpinan dan kepengurusan baru Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit ini, mampu memberikan kontribusi positif bagi pewarisan dan pelestarian nilai-nilai luhur budaya bangsa bagi masyarakat, khususnya generasi muda, sehingga generasi muda mampu membentengi diri dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh budaya asing yang tidak sejalan dengan budaya bangsa Indonesia. (Jayak)
Kasdim 0815/Mojokerto Di Acara Penobatan Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Majapahit
Mojokerto, - Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf M Jenal Arifin hadir dalam acara Penobatan Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit dan Ritual Jamasan/ Sesuci Raga, di Kawasan Petirtaan Jolotundo, Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Ahad (26/07/2020).

Hadir dalam kegiatan, antara lain Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM., mewakili Bupati Mojokerto, Kapolsek Trawas AKP Pujiono, SH, Forpimka Trawas, Ketua Panitia Penyelenggara, Ustadzi Rois, SH., M.Pd., Pihak BPCB Jatim di Trowulan, Ketua Dewan Adat Mojopahit, Ki Gitut Hari Utomo beserta pengurus, Tokoh Adat dan Budayawan Kabupaten Mojokerto dan undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan prosesi Kirab Budaya Nusantara diiringi Tari Budoyo Triloka dilanjutkan Ujud Sesaji. Kemudian acara Jamasan/ Sesuci Raga Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit, Ki Nono Suhartono. 

Pada kesempatan tersebut, Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf M. Jenal Arifin didaulat untuk memakaikan Jubah Kebesaran Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit kepada Ki Nono Suhartono, dilanjutkan pemakaian Mahkota oleh Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM. Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan pengucapan Sumpah Amukti Palapa oleh Ki Nanang.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Ustadzi Rois, SH., M.Pd., mengatakan, prosesi penobatan dan Jamasan/ Sesuci Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit periode 2020 -2023 di Petirtaan Jolotundo sebagai wujud kecintaan kita atas adat dan budaya Mojopahit yang merupakan sejarah dan leluhur kita yang harus kita jaga kelestariannya.

Senada dengan Panitia Penyelenggara, Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo, S.Sos., MM., mengungkapkan, dengan penobatan dan jamasan/Sesuci Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat Budaya Mojopahit, semoga dapat mengembangkan dan membesarkan serta melestarikan budaya Mojopahit di Kabupaten Mojokerto, dan atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Mojokerto, Kadisparpora juga mengucapkan selamat dan sukses atas penobatan Ki Nono Suhartono sebagai Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit periode 2020-2023.

Sementara itu, Kasdim 0815/Mojokerto, Mayor Inf M. Jenal Arifin, saat diminta pendapatnya, mengatakan, pihaknya siap mensuport setiap kegiatan yang berdampak positif bagi pembangunan bangsa, utamanya budaya bangsa. Kasdim berharap dengan adanya pimpinan dan kepengurusan baru Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Mojopahit ini, mampu memberikan kontribusi positif bagi pewarisan dan pelestarian nilai-nilai luhur budaya bangsa bagi masyarakat, khususnya generasi muda, sehingga generasi muda mampu membentengi diri dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh budaya asing yang tidak sejalan dengan budaya bangsa Indonesia. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas