Bagaimana Cara Memajukan Lembaga Pendidikan, ini Penjelasannya

Pada era sekarang ini Lembaga Pendidikan yang maju merupakan faktor utama bagi keberhasilan pesert!a didik, dikarenakan Lembaga Pendidikan yang maju sudah pasti akan menjadi jaminan mutu bagi peserta dididiknya.   Beberapa Syarat dari majunya Lembaga Pendidikan diantaranya yaitu :  1. Mempunyai Pemimpin yang berkarakter kuat. Seorang Kepala Sekolah/ Kepala Madrasah harus Visioner, sebagai seorang pemimpin yang visioner, seorang Kepala harus mampu menyusun strategi untuk merealisasikan cita-cita dan tujuan dari Lembaga yang dipimpin. Tidak hanya itu, seorang pemimpin yang visioner juga harus memiliki semangat yang membuat dirinya bisa meyakinkan semua pihak,  sehingga seorang Kepala merupakan ujung tombak bagi kemajuan suatu lembaga yang tentu saja kemajuan tersebut bisa dicapai melalui dukungan dan komitmen dari semua pihak yang berada di lembaga Tersebut.   2.Sarana dan Prasarana yang memadai.  Kualitas pendidikan suatu lembaga harus di dukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait,sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa peranan sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang kualitas belajar peserta didik. Dengan sarpras yang lengkap maka peserta didik akan bisa nyaman dalam belajar dan bisa langsung praktek tanpa ada kendala. Contohnya Perpustakaan Sekolah harus lengkap dan menjadi sumber referensi ilmu pengetahuan bagi peserta didik dan adanya laboratorium sekolah yang lengkap sebagai sarana praktek peserta didik serta perangkat IT yang canggih untuk membantu lembaga dalam sistem manajemen dan operasionalnya, membantu lembaga dalam hal penyaluran informasi mengenai profil lembaga dan hasil belajar siswa kepada orang tua dan stakeholder lainnya, serta membantu lembaga untuk menyediakan sumber informasi yang mutakhir dan relevan bagi guru dan siswa dan juga digunakan untuk mendukung pembelajaran secara online.   3.Mampu beradaptasi dengan Perubahan.  Suatu lembaga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman.  Contoh di masa pandemi covid 19,lembaga harus menyiapkan strategi untuk menyambut kurikulum darurat dan memastikan kegiatan Pembelajaran dapat berlangsung baik secara online maupun offline sehingga siswa tetap bisa belajar dengan baik.   Dengan ke tiga Syarat di atas diharapkan lembaga mampu memberikan pendidikan yang bermutu  sehingga mampu melahirkan generasi berkualitas yang mampu memajukan bangsa Indonesia dimasa depan.  Ayoeb Taufani Zaman  Sekretaris Yayasan Khomsani Nur.
Bagaimana Cara Memajukan Lembaga Pendidikan, ini Penjelasannya
Pada era sekarang ini Lembaga Pendidikan yang maju merupakan faktor utama bagi keberhasilan pesert!a didik, dikarenakan Lembaga Pendidikan yang maju sudah pasti akan menjadi jaminan mutu bagi peserta dididiknya.

Beberapa Syarat dari majunya Lembaga Pendidikan diantaranya yaitu :
1. Mempunyai Pemimpin yang berkarakter kuat.
Seorang Kepala Sekolah/ Kepala Madrasah harus Visioner, sebagai seorang pemimpin yang visioner, seorang Kepala harus mampu menyusun strategi untuk merealisasikan cita-cita dan tujuan dari Lembaga yang dipimpin. Tidak hanya itu, seorang pemimpin yang visioner juga harus memiliki semangat yang membuat dirinya bisa meyakinkan semua pihak,
sehingga seorang Kepala merupakan ujung tombak bagi kemajuan suatu lembaga yang tentu saja kemajuan tersebut bisa dicapai melalui dukungan dan komitmen dari semua pihak yang berada di lembaga Tersebut.

2.Sarana dan Prasarana yang memadai.
Kualitas pendidikan suatu lembaga harus di dukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait,sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa peranan sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang kualitas belajar peserta didik. Dengan sarpras yang lengkap maka peserta didik akan bisa nyaman dalam belajar dan bisa langsung praktek tanpa ada kendala. Contohnya Perpustakaan Sekolah harus lengkap dan menjadi sumber referensi ilmu pengetahuan bagi peserta didik dan adanya laboratorium sekolah yang lengkap sebagai sarana praktek peserta didik serta perangkat IT yang canggih untuk membantu lembaga dalam sistem manajemen dan operasionalnya, membantu lembaga dalam hal penyaluran informasi mengenai profil lembaga dan hasil belajar siswa kepada orang tua dan stakeholder lainnya, serta membantu lembaga untuk menyediakan sumber informasi yang mutakhir dan relevan bagi guru dan siswa dan juga digunakan untuk mendukung pembelajaran secara online.

3.Mampu beradaptasi dengan Perubahan.
Suatu lembaga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman.
Contoh di masa pandemi covid 19,lembaga harus menyiapkan strategi untuk menyambut kurikulum darurat dan memastikan kegiatan Pembelajaran dapat berlangsung baik secara online maupun offline sehingga siswa tetap bisa belajar dengan baik.

Dengan ke tiga Syarat di atas diharapkan lembaga mampu memberikan pendidikan yang bermutu sehingga mampu melahirkan generasi berkualitas yang mampu memajukan bangsa Indonesia dimasa depan.

Ayoeb Taufani Zaman
Sekretaris Yayasan Khomsani Nur.
Malang
Ponorogo

 







Atas