Putus Mata Rantai Covid-19 Koramil 0815/10 Bangsal Bersama Nakes Tracing Kontak Erat Pasien Terkonfirmasi

Putus Mata Rantai Covid-19 Koramil 0815/10 Bangsal Bersama Nakes Tracing Kontak Erat Pasien Terkonfirmasi
Putus Mata Rantai Covid-19 Koramil 0815/10 Bangsal Bersama Nakes Tracing Kontak Erat Pasien Terkonfirmasi

Mojokerto, – Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah, Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815/Mojokerto bersama Tiga Pilar dan Nakes melaksanakan tracing terhadap kontak erat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Puloniti Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kali ini, Senin (01/11/2021), Tim Tracing, yang terdiri dari Kepala Desa Puloniti Budi Yulianto, Babinsa Sertu Agus Totok Dwi Purwanto, Bhabinkamtibmas Bripka Ririn, Nakes PKM Bangsal, Bidan dan Perawat Desa bergerak menuju rumah warga yang akan dilakukan testing dan tracing.

Menurut Babinsa Puloniti Koramil 0815/10 Bangsal Sertu Agus Totok Dwi Purwanto, terhadap 20 orang warga kontak erat keluarga dan tetangga dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang saat ini masih dalam perawatan di RS Sido Waras, Bangsal.

Baca Juga :  Tanggul Irigasi Jebol, Babinsa Pacet Reaksi Cepat Turun Ke Lokasi

Dari 20 warga tersebut, lanjutnya, 2 orang diantaranya merupakan kontak erat keluarga dan 18 warga lainnya merupakan kontak erat tetangga. Setelah dilakukan rapidtest antibody, hasilnya non reaktif/negatif. “Alhamdulillah seluruhnya negatif dan non reaktif”, ujarnya.

Kegiatan tracing dan testing ini dapat berjalan dengan lancar, karena warga yang menjadi kontak erat pasien terkonfirmasi positif, dapat bekerja sama dengan baik. “Mereka sangat menyadari, bila tracing dan testing merupakan upaya pemerintah dalam menekan penularan covid-19”, kata Babinsa.

Secara terpisah, Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Inf Herman Hidayat mengatakan, penelusuran kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan bagian dari 3T (tracing, testing dan treatment). Tracing dan testing ini sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan pasien yang terkonfirmasi positif, baik itu keluarga, teman, tetangga, maupun kontak erat lainnya.

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto Gelar Apel Pengecekan Personel Paska Libur Lebaran

“Pihak TNI (Koramil) bersinergi dengan Polsek, Kecamatan, dan UPT Puskesmas dalam penanganan Covid-19, baik melalui kegiatan 3T, pendampingan percepatan vaksinasi maupun mengedukasi masyarakat di wilayah binaan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian”, tutup pria yang sehari-hari menjabat Pgs. Pasiter Kodim 0815/Mojokerto. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *