Daftar BPJS Bisa Pakai Aplikasi Mobile JKN, Begini Caranya

Mojokerto - Belajar dari pengalaman saudaranya yang mengalami sakit kelenjar getah bening dan melakukan pengobatan rawat jalan, Yolanda Putri Arsandi (17) warga Jombang memutuskan untuk mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ia menyadari tanpa menjadi peserta program jaminan kesehatan ini, hartanya dapat ludes apabila sakit parah menerpa.  “Saya berencana mendaftar JKN-KIS setelah tahu saudara saya sangat terbantu dengan JKN KIS, bayangkan dari pengobatan dan perawatan sakitnya semuanya ditanggung,” pungkas Yolanda  Putri mengungkapkan juga bahwa niatnya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS adalah untuk proteksi diri, mengingat dalam anggota keluarganya terdapat beberapa riwayat penyakit.  “Karena kami sekeluarga takut kalau tiba-tiba sakit, apalagi ibu ada riwayat sakit jantung, kolesterol, dan asam urat, ditambah adik juga ada riwayat asma, akhirnya saya dan kakak ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto untuk mendaftar,” tegasnya.  Pada saat di kantor BPJS Kesehatan, Yolanda menceritakan bahwa dirinya sudah membawa persyaratan lengkap untuk mendaftar, sempat juga dilakukan cek berkas oleh petugas, namun karena pelayanan terbatas sesuai dengan protokol keamanan pencegahan Covid-19 akhirnya diarahkan untuk mendaftar lewat aplikasi Mobile JKN.  “Sempat bingung awalnya bagaimana cara mendaftar lewat aplikasi Mobile JKN itu, lalu saya ketemu petugas lain, saya dibantu akses Mobile JKN dan dibantu langkah - langkah pendaftarannya, diarahkan mengakses di playstore, mengisi data-data yang diperlukan, data NIK, KTP juga data pribadi lainnya dan alhamdulillah berhasil deh,” katanya.  Yolanda merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN, banyak manfaat dirasakan Yolanda yang terus melanjutkan ceritanya dengan semangat.  “Cukup mengisi data-data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, kemudian menunggu Empat Belas (14) hari untuk membayar iuran pertama. Sangat mudah dan praktis, apalagi kartu JKN-KIS bisa diantar sampai ke alamat kita, Alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan Mobile JKN, saya dan keluarga sekarang merasa tenang dan tidak khawatir lagi akan risiko biaya pelayanan kesehatan yang mahal,” ujar Yolanda. (Jayak)
Daftar BPJS Bisa Pakai Aplikasi Mobile JKN, Begini Caranya
Mojokerto - Belajar dari pengalaman saudaranya yang mengalami sakit kelenjar getah bening dan melakukan pengobatan rawat jalan, Yolanda Putri Arsandi (17) warga Jombang memutuskan untuk mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ia menyadari tanpa menjadi peserta program jaminan kesehatan ini, hartanya dapat ludes apabila sakit parah menerpa.

“Saya berencana mendaftar JKN-KIS setelah tahu saudara saya sangat terbantu dengan JKN KIS, bayangkan dari pengobatan dan perawatan sakitnya semuanya ditanggung,” pungkas Yolanda

Putri mengungkapkan juga bahwa niatnya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS adalah untuk proteksi diri, mengingat dalam anggota keluarganya terdapat beberapa riwayat penyakit.

“Karena kami sekeluarga takut kalau tiba-tiba sakit, apalagi ibu ada riwayat sakit jantung, kolesterol, dan asam urat, ditambah adik juga ada riwayat asma, akhirnya saya dan kakak ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto untuk mendaftar,” tegasnya.

Pada saat di kantor BPJS Kesehatan, Yolanda menceritakan bahwa dirinya sudah membawa persyaratan lengkap untuk mendaftar, sempat juga dilakukan cek berkas oleh petugas, namun karena pelayanan terbatas sesuai dengan protokol keamanan pencegahan Covid-19 akhirnya diarahkan untuk mendaftar lewat aplikasi Mobile JKN.

“Sempat bingung awalnya bagaimana cara mendaftar lewat aplikasi Mobile JKN itu, lalu saya ketemu petugas lain, saya dibantu akses Mobile JKN dan dibantu langkah - langkah pendaftarannya, diarahkan mengakses di playstore, mengisi data-data yang diperlukan, data NIK, KTP juga data pribadi lainnya dan alhamdulillah berhasil deh,” katanya.

Yolanda merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN, banyak manfaat dirasakan Yolanda yang terus melanjutkan ceritanya dengan semangat.

“Cukup mengisi data-data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, kemudian menunggu Empat Belas (14) hari untuk membayar iuran pertama. Sangat mudah dan praktis, apalagi kartu JKN-KIS bisa diantar sampai ke alamat kita, Alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan Mobile JKN, saya dan keluarga sekarang merasa tenang dan tidak khawatir lagi akan risiko biaya pelayanan kesehatan yang mahal,” ujar Yolanda. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas