RUNNING NEWS :
Loading...

Babinsa Desa Gongseng Grebek Tikus bersama PPL dan Petani

Jombang - Grebek tikus menjadi tradisi masyarakat pedesaan,khususnya para petani.Keluhan petani atas banyaknya tikus belakangan ini, langsung direspon oleh PPL wilayah Kecamatan Megaluh khususnya desa Gongseng. Babinsa bersama para petani bekerjasama bersama PPL langsung turun ke sawah melakukan gerebek tikus di Desa Gongseng Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Pada Senin (15/6/2020)   Gerebek tikus ini seperti disampaikan oleh Babinsa sebagai rasa kebersamaan, atas jeritan para petani yang sudah merasa kualahan atas banyaknya tikus memakan tanamannya. Selain itu kata Hariono panggilan akrab Babinsa Gongseng, gerebek tikus ini juga dilakukan sebagai upaya pengendalian sebelum masa tanam yang akan di lakukan oleh para petani. "Gerebek tikus merupakan upaya membantu para petani untuk menghadapi permasalahan hama tikus yang semakin banyak," ujarnya.  Pada memamsuki masa tanam dua yang akan dilakukan para petani, Wabah hama tikus sejak tahun lalu keberadaan tikus menyebabkan hasil panen para petani menurun. Untuk itu kita bersama melakukan kegiatan gerebek tikus agar hasil panen padi yang akan datang dapat meningkat.  Pada lokasi lain Danramil 0814/03 Tembelang Kodim 0814 Jombang menyampaikan kepada anggotanya untuk selalu waspada dalam setiap kegiatan, serta kewajiban pakai masker tetap dilaksanakan.  Kapten Chb Sugeng Danramil 0814/03 Tembelang pada saat apel pagi mengatakan kegiatan gerebek tikus sebagai upaya menjaga kekompakan ini agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai sesuai dengan diharapkan. "Namanya gerebek tikus yang menggerebek harus lebih banyak daripada yang digerebek, sehingga hasilnya maksimal. Ini merupakan pelajaran kepada kita semua bahwa kita harus mencintai lingkungan, dengan merebahnya hama tikus berarti ada ekosistem yang tidak seimbang contohnya ular dan burung hantu yang banyak diburu oleh masyarakat," ungkapnya. (Jayak)
Babinsa Desa Gongseng Grebek Tikus bersama PPL dan Petani
Jombang - Grebek tikus menjadi tradisi masyarakat pedesaan,khususnya para petani.Keluhan petani atas banyaknya tikus belakangan ini, langsung direspon oleh PPL wilayah Kecamatan Megaluh khususnya desa Gongseng. Babinsa bersama para petani bekerjasama bersama PPL langsung turun ke sawah melakukan gerebek tikus di Desa Gongseng Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Pada Senin (15/6/2020)

Gerebek tikus ini seperti disampaikan oleh Babinsa sebagai rasa kebersamaan, atas jeritan para petani yang sudah merasa kualahan atas banyaknya tikus memakan tanamannya. Selain itu kata Hariono panggilan akrab Babinsa Gongseng, gerebek tikus ini juga dilakukan sebagai upaya pengendalian sebelum masa tanam yang akan di lakukan oleh para petani. "Gerebek tikus merupakan upaya membantu para petani untuk menghadapi permasalahan hama tikus yang semakin banyak," ujarnya.

Pada memamsuki masa tanam dua yang akan dilakukan para petani, Wabah hama tikus sejak tahun lalu keberadaan tikus menyebabkan hasil panen para petani menurun. Untuk itu kita bersama melakukan kegiatan gerebek tikus agar hasil panen padi yang akan datang dapat meningkat.

Pada lokasi lain Danramil 0814/03 Tembelang Kodim 0814 Jombang menyampaikan kepada anggotanya untuk selalu waspada dalam setiap kegiatan, serta kewajiban pakai masker tetap dilaksanakan.

Kapten Chb Sugeng Danramil 0814/03 Tembelang pada saat apel pagi mengatakan kegiatan gerebek tikus sebagai upaya menjaga kekompakan ini agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai sesuai dengan diharapkan. "Namanya gerebek tikus yang menggerebek harus lebih banyak daripada yang digerebek, sehingga hasilnya maksimal. Ini merupakan pelajaran kepada kita semua bahwa kita harus mencintai lingkungan, dengan merebahnya hama tikus berarti ada ekosistem yang tidak seimbang contohnya ular dan burung hantu yang banyak diburu oleh masyarakat," ungkapnya. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 
Atas