Suasana Haru Selimuti Sertijab Kepala SMAN 6 Mataram

Mataram - Rotasi kepemimpinan dalam lembaga pendidikan merupakan hal yang lumrah. Hal ini bertujuan, selain meningkatkan proses pembelajaran di sekolah juga merupakan upaya pemerintah melakukan penyegaran jabatan. Tentu, setiap pemimpin memiliki karakter masing-masing untuk mengelola lembaga pendidikan, dengan harapan agar semua program dan dinamika sekolah bisa lebih dinamis.

Hal itu pula yang dilakukan oleh SMA Negeri 6 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang melakukan serah terima jabatan (sertijab) dimasa mewabahnya Covid-19.

Dimana kepala sekolah lama Drs. Sahnan, M. Pd digantikan oleh Drs. Artawan sebagai kepala sekolah yang baru.

Serah terima jabatan tersebut dilangsungkan di ruang guru dengan dihadiri oleh staf khusus gubernur, ketua komite, pengawas, beberapa perwakilan staf pengajar, staf TU dan disaksikan oleh bapak/ibu guru di rumah masing-masing melalui live facebook SMA Negeri 6 Mataram, Jumat siang (15/5/20).

Dalam sambutannya Drs. Sahnan, M. Pd yang menjabat hanya 3 bulan di SMA Negeri 6 Mataram, menyampaikan dengan mengawali permohonan maaf kepada bapak/ibu guru SMA Negeri 6 Mataram. Sambil meneteskan air mata, beliau menyampaikan bahwa di awal penjabat punya harapan besar untuk bertahan lama dan ingin pensiun di SMA Negeri 6 Mataram.

Lanjutnya, ternyata nasib seseorang tidak ada yang mengetahui. Manusia hanya bisa merencanakan, namun yang maha kuasa yang punya kewenangan menentukan masa depan seseorang. Beberapa hal yang sudah dilakukan, mulai pemugaran ruang TU, perbaikan tempat parkir, pembuatan air mancur dan program-program yang belum tuntas agar bisa diteruskan nantinya oleh kepala sekolah yang baru.

"Saya berniat dari awal ingin pensiun di SMA Negeri 6 Mataram" Selorohnya sambil berurai air mata.

Pada kesempatan yang sama kepala sekolah yang baru Drs. Artawan, dalam sambutannya, menuturkan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh kepala sekolah sebelumnya untuk tetap bisa diteruskan. Tentu dengan kerja sama dan kekompakkan dengan guru-guru yang ada di SMA Negeri 6 Mataram.

"Dukungan dan kerja sama bapak dan ibu guru sekalian sangat diharapkan", Ujarnya.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa bapak dan ibu guru tidak perlu segan untuk menyampaikan apa pun dan tidak harus dalam kondisi formal. Karena jelasnya, beliau orang lapangan, sehingga nantinya selama menjadi kepala sekolah akan lebih banyak memantau kondisi sekolah, dibandingkan di balik meja kerjanya.

Sementara itu Drs. H. Muhtadi Hairi, M. Pd Sekretaris Dinas Dikbud NTB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa rotasi, mutasi merupakan hal yang wajar dan lumrah di kelembagaan. Dikesempatan yang sama beliau menegaskan, bahwa proses pembelajaran belum bisa dilaksanakan terkait belum berakhirnya masa Covid-19. Namun, pemerintahan memiliki opsi dan skenario untuk menentukan kapan pelaksanaan pembelajaran dilakukan.

"Tugas kepala sekolah yang baru nantinya untuk memformulakan tentang proses pembelajaran" Terangnya.

Kegiatan serah terima jabatan diakhiri dengan tanda tangan lembaran serah terima jabatan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cindramata oleh Drs. Sahnan, M. Pd selaku kepala sekolah yang lama kepada Drs. Artawan kepala sekolah yang baru (Suradin, S.S., M. Pd).
Malang
Ponorogo

 







Atas