RUNNING NEWS :
Loading...

Antisipasi Giat Takbir Keliling, Polres Mojokerto Kerahkan 800 Personil

Mojokerto, Polres Mojokerto menggelar apel kesiapan pengamanan malam takbir dan persiapan salat Idul Fitri yang dilaksanakan di halaman Mapolres Mojokerto, Sabtu (23/5/2020). Setidaknya sebanyak 800 lebih personil TNI/Polri diterjunkan dengan sasaran antisipasi masyarakat yang tetap menggelar takbir keliling.

Kapolres Mojokerto, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, malam takbir dan sholat Idul Fitri, Polres Mojokerto menerjunkan sekitar 800 personil. “Personil TNI sebanyak 2 SSK, Polri sebanyak 650 personil dengan sasaran pengamanan malam ini khususnya pengamanan di jalan protokol dan jalan desa,” ungkapnya.

Pengamanan tersebut, sebagai langkah antisipasi terhadap masyarakat yang tetap memaksakan diri untuk menggelar takbir keliling. Pasalnya, masyarakat sudah dihimbau untuk tidak menggelar takbir keliling sehingga petugas akan melakukan tindakan tegas terukur jika masih ada masyarakat yang menggelar takbir keliling.

“Karena kita sudah komitmen antara Pemda, Dandim, Ketua Ormas Islam menyampaikan dan menghimbau jamaahnya untuk tidak melakukan takbir keliling. Jika ditemukan kegiatan tersebut akan dilakukan tindak tegas terukur, pertama dihimbau tapi jika tidak mengindahkan akan dibawa. Baik orang maupun kendaraannya,” tuturnya.

Takbir keliling hanya boleh dilaksanakan di masjid, mushola atau rumah masing-masing. Sehingga lanjut Kapolres, tidak ada dan dilarang melaksanakan takbir keliling baik perorangan, kelompok maupun secara konvoi. Jika ditemukan akan dilakukan tindakan tegas maupun proses hukum lebih lanjut.

“Manakala nanti diketemukan masyarakat yang melakukan takbir keliling segera lakukan tindakan, jika dihimbau tetap tidak mengindahkan maka lakukan tindakan tegas terukur. Amankan orang, alat dan kendaraan untuk dibawa ke Polres atau Polsek terdekat. Ini sudah menjadi kesepakatan dan komitmen bersama antara TNI/Polri, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat,” semoga kita semua bisa mematuhi himbauan dari pemerintah dan lebih disiplin menjaga keselamatan diri, keluarga dan limhkungan, tegasnya. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 
Atas