Satgas Covid-19 Bagikan 500 Masker & Sarung Tangan pada Pedagang Pasar Tanjung

Mojokerto – majalahglobal.com : Upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kota Mojokerto, terus digaungkan oleh pemerintah daerah setiap harinya. Melalui satuan gugus tugas (Satgas), hari ini sedikitnya 500 masker dan sarung tangan dibagikan kepada para pedagang di pasar tradisional Tanjung Anyar, Sabtu (28/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Christiana Indah Wahyu bersama Kepala Satpol PP Heryana Dodik Murtono, Kepala DLH Ikromul Yasak, Kabag Humas Protokol Hatta Amrullah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan dr Farida Mariana dan seluruh anggota Satgas, menyebar di lima titik lokasi.

“Tim kami bagi menjadi tiga, agar bisa merata dalam memberikan masker dan sarung tangan kepada pedagang. Sehingga tepat sasaran. Lima titik lokasi yang kami datangi masih di lingkungan Pasar Tanjung Anyar. Karena pasar ini terbesar di Kota, maka kami dahulukan pemberian maskernya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Christiana Indah Wahyu.

Baca Juga :  Pengaturan Lalu Lintas Sore Hari, Bentuk Pelayanan Polri Kepada Masyarakat

Selain pemberian masker dan sarung tangan, satuan gugus tugas ini juga memberikan sosialisasi sekaligus edukasi kepada para pedagang, agar tetap menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mencuci tangan sesering mungkin agar terhindari dari berbagai macam penyakit. Dan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan dimanapun.

“Sampai rumah, langsung mandi dan keramas. Baju dimasukkan dalam bak kasih air sabun, jangan digantung, ini harus dilakukan setiap hari. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi saat berada di luar. Untuk itu, mari bersama – sama menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu sesuai dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Terpisah, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menambahkan, berbagai ikhtiar dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Mojokerto telah dilakukan sejak lama. Mulai dari penyemprotan disinfektan di berbagai area publik hingga jalan protokol, penerapan physical distancing, menghentikan untuk sementara waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah, menutup tempat hiburan/kafe dan penerapan protokol kesehatan di berbagai area publik.

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto Gelar Apel Pengecekan Personel Paska Libur Lebaran

“Kita tahu, saat ini Covid-19 telah menjadi pandemik di seluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, saya mohon kepada masyarakat khususnya Kota Mojokerto untuk sama – sama bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dengan disinfektan secara mandiri, tidak membeli bahan makanan pokok dengan berlebihan, tetap waspada dan jangan panik,” terangnya. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *