Video - CJH Tapin Kalsel Ikuti Test Kebugaran Jalan 1,6 Km & Test Darah Tinggi

RANTAU,- majalahglobal.com : Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan yang bakal berangkat tahun 2020 ini menjalani test kebugaran (Rockport) di kawasan Rantau Baru, Senin (16/3/2020).  Ada 160 CJH Tapin yang berangkat tahun ini dan yang hadir dalam test kebugaran ini diminta nanti untuk  berjalan sepanjang 1,6 Km dan ini pun bagi mereka yang tak miliki riwayat tekanan darah tinggi. Pasalnya, dalam test kebugaran yang dilaksanakan ini juga ada kegiatan pemeriksaan tekanan darah, skreening adakah memiliki riwayat penyakit menular. Disamping melakukan pemeriksaan pihaknya juga memberikan penyuluhan atau sosialisasi terutama terkait dampak penyebaran virus Corona-19.  dr.Galuh Kasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Dinas Kesehatan Tapin mengatakan, "Tes kebugaran yang dilaksanakan ini kita skreening mulai dari CJH berusia diatas 60 dan tekanan darah diatas 140/ 90, itu dibagi dua tes yang dilakukan untuk mereka selama 6 menit. Kemudian bagi mereka yang tak memiliki riwayat penyakit gangguan apa-apa itu, diminta untuk jalan sepanjang 1,6 Km,"katanya.  "Dari jumlah CJH Tapin tadi secara presentasi ada 20 persen yang terdata memiliki riwayat tekanan darah diatas 140/90 dan berusia 60 tahun keatas. Mereka tes kebugarannya dibagi dua tes, jadi saran kami bagi mereka yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan darah tinggi untuk selalu membawa obat-obatan nya, dan setiap bangun pagi subuh hari berjalan selama 30 menit, minum air putih mineral 15 gelas sehari, perbanyak makan buah-buahan dan yang penting tubuh tetap fit. Selain itu, pada saat nanti mereka di Mekkah itu untuk membatasi kontak fisik tubuh, seringkali membasuh tangan,"katanya.  "Terkait Corona Covid-19 ini sudah 120 negara yang positif dan sudah melockdown keberadaan virus Corona Covid-19 ini. Jadi mereka CJH disana harus tetap Fit badannya, karena virus Corona Covid ini merupakan jenis penyakit self limited disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya,"katanya.  Dalam tes kebugaran tadi juga kita lakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada CJH berupa cara cuci tangan dengan sanitizer, sementara bagi mereka yang kehabisan dan tidak memilikinya bisa digantikan dengan Lifebuoy, Nufo, atau tisu basah,"katanya.  Ditambahkan salah seorang Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tapin yang Insya Allah berangkat tahun ini. Ibnu Mas'ud, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Tapin dan termasuk Ketua Dewan Adat Kalsel. Dirinya mengatakan,"Seluruh Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ini terkait pemberitaan maraknya isu keberadaan virus Corona Covid-19 diminta jangan takut. Pertama, selama kita menjaga kebersihan tubuh sebagaimana saran dokter itu virus akan terhindar dari kita,"katanya.  Kedua, lanjut Ibnu, "masalah wabah penyakit yang mematikan itu yang menentukan sang Khaliq. Urusan mati jelas, jadi untuk seluruh jamaah haji jangan takut dan jangan gentar tuhan beserta kita,"pungkasnya. (Nasrullah)
RANTAU,- majalahglobal.com : Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan yang bakal berangkat tahun 2020 ini menjalani test kebugaran (Rockport) di kawasan Rantau Baru, Senin (16/3/2020).
Ada 160 CJH Tapin yang berangkat tahun ini dan yang hadir dalam test kebugaran ini diminta nanti untuk berjalan sepanjang 1,6 Km dan ini pun bagi mereka yang tak miliki riwayat tekanan darah tinggi. Pasalnya, dalam test kebugaran yang dilaksanakan ini juga ada kegiatan pemeriksaan tekanan darah, skreening adakah memiliki riwayat penyakit menular. Disamping melakukan pemeriksaan pihaknya juga memberikan penyuluhan atau sosialisasi terutama terkait dampak penyebaran virus Corona-19.

dr.Galuh Kasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Dinas Kesehatan Tapin mengatakan, "Tes kebugaran yang dilaksanakan ini kita skreening mulai dari CJH berusia diatas 60 dan tekanan darah diatas 140/ 90, itu dibagi dua tes yang dilakukan untuk mereka selama 6 menit. Kemudian bagi mereka yang tak memiliki riwayat penyakit gangguan apa-apa itu, diminta untuk jalan sepanjang 1,6 Km,"katanya.

"Dari jumlah CJH Tapin tadi secara presentasi ada 20 persen yang terdata memiliki riwayat tekanan darah diatas 140/90 dan berusia 60 tahun keatas. Mereka tes kebugarannya dibagi dua tes, jadi saran kami bagi mereka yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan darah tinggi untuk selalu membawa obat-obatan nya, dan setiap bangun pagi subuh hari berjalan selama 30 menit, minum air putih mineral 15 gelas sehari, perbanyak makan buah-buahan dan yang penting tubuh tetap fit. Selain itu, pada saat nanti mereka di Mekkah itu untuk membatasi kontak fisik tubuh, seringkali membasuh tangan,"katanya.

"Terkait Corona Covid-19 ini sudah 120 negara yang positif dan sudah melockdown keberadaan virus Corona Covid-19 ini. Jadi mereka CJH disana harus tetap Fit badannya, karena virus Corona Covid ini merupakan jenis penyakit self limited disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya,"katanya.

Dalam tes kebugaran tadi juga kita lakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada CJH berupa cara cuci tangan dengan sanitizer, sementara bagi mereka yang kehabisan dan tidak memilikinya bisa digantikan dengan Lifebuoy, Nufo, atau tisu basah,"katanya.

Ditambahkan salah seorang Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tapin yang Insya Allah berangkat tahun ini. Ibnu Mas'ud, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Tapin dan termasuk Ketua Dewan Adat Kalsel. Dirinya mengatakan,"Seluruh Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ini terkait pemberitaan maraknya isu keberadaan virus Corona Covid-19 diminta jangan takut. Pertama, selama kita menjaga kebersihan tubuh sebagaimana saran dokter itu virus akan terhindar dari kita,"katanya.

Kedua, lanjut Ibnu, "masalah wabah penyakit yang mematikan itu yang menentukan sang Khaliq. Urusan mati jelas, jadi untuk seluruh jamaah haji jangan takut dan jangan gentar tuhan beserta kita,"pungkasnya. (Nasrullah)
Malang
Ponorogo

 







Atas