Babinsa Balongmojo Koramil 0815/04 Puri Ngariung Bareng Petani Bahas Pemupukan Tanaman Padi

Mojokerto , - Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto Pelda Samiadi, melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi terhadap warga petani di desa binaan, Desa Balongmojo Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (09/03/2020).

Kegiatan pendampingan sebagai bagian dari Upsus Ketahanan Pangan tersebut, berlangsung di lahan seluas 2,5 hektar yang ditanami padi varietas Ciherang berumur 50 hari setelah tanam (hst), milik H. Udin, anggota Poktan Sari Mulyo II, Dusun Wotsogo Desa Balongmojo.

Usai pemupukan menggunakan pupuk Pusri dan urea, selesai, selanjutnya Pelda Samiadi bersama Kapoktan Sari Mulyo II, Nurhadi, para petani dan petani penggarap, ngariung berbincang santai membahas tentang pemupukan tanaman padi.

Dikatakan Pelda Samiadi, pemupukan harus dilakukan secara tepat dan benar sehingga tanaman padi akan tumbuh kembang dengan baik dan mampu menghasilkan gabah yang melimpah serta membawa berkah untuk petani.

Pada kesempatan tersebut, Pelda Samiadi juga meminta para petani, agar tidak sungkan-sungkan untuk menyampaikan atau melapor apabila menemui kendala atau hambatan dalam mendapatkan pupuk. “Bila ada kesulitan dalam suplay pupuk segera hubungi PPL dan Babinsa, nanti akan dibantu dikomunikan untuk dicarikan solusinya” ujarnya.

Sementara itu pemilik lahan, H. Udin, mengungkapkan, kehadiran Babinsa yang memberikan penerangan tentang tata cara pemupukan sangat bermanfaat bagi kami sebagai para petani. 

Masih katanya, dengan penjelasan Babinsa tersebut, kita semakin paham dan menambah pengetahuan tentang cara pemupukan yang benar. “Dengan takaran atau komposisi pemupukan yang benar, tentunya kita berharap hasil panen ke depan lebih maksimal," imbuhnya. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas