Tak Kenal Libur, Babinsa Kutorejo Aktif Dampingi Petani Rawat Tanaman Padi

Mojokerto, - Hari libur bukan menjadi penghalang bagi Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815/Mojokerto Serma Darwin untuk melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di Desa Kutorejo, Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (15/02/2020).

Serma Darwin mengungkapkan, pendampingan pemeliharaan padi secara berkala ini dilakukan di lahan milik Mulyono, Anggota Poktan Mulyo Tani, Desa Kutorejo.

Di lahan seluas setengah hektar yang ditanami padi varietas Ciherang berumur lima minggu dilakukan pengecekan gulma dan hama tanaman lainnya.

Ditambahkan Babinsa Kutorejo, pemeliharaan tanaman padi harus dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk mengetahui secara dini bila tanaman padi terserang hama atau organisme pengganggu tanaman lainnya, sehingga dapat dilakukan penanganan secara cepat, tepat dan benar.

"Bila ditangani secara cepat maka hama pengganggu tanaman padi tersebut tidak merajalela ke areal lainnya ataupun sawah disekitarnya," tegasnya.

Terpisah, Plh. Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., mengungkapkan, aktivitas pendampingan pertanian atau yang dikenal dengan upaya khusus ketahanan pangan, dilakukan para Babinsa dengan tujuan untuk mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan.

"Paling tidak kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani mampu memotivasi sekaligus menjadi solusi bila ada kendala atau hambatan yang ditemui di lapangan," pungkas Plh.Danramil yang sehari-hari menjabat Pasi Intel Kodim 0815/Mojokerto. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas