Pos Ramil Mojoanyar Bersama Dinas Pengairan & Warga Benahi Tanggul Jebol

Mojokerto,- Personel Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815/Mojokerto bersama Dinas Pengairan dan warga yang tergabung dalam Poktan Tani Temen -1, melakukan pembenahan tanggul sungai di wilayah RT 04 RW 02 Dusun Jogodayoh, Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (26/02/2020).

Jebolnya tanggul sepanjang 4 meter dengan lebar 3 meter tersebut terjadi Senin (24/02) dini hari, saat hujan dengan intensitas cukup tinggi wilayah Mojoanyar, Mojokerto, sejak Minggu (23/02) sore, sehingga menyebabkan tanggul terkikis dan jebol hingga air mengalir dan sempat menggenangi 20 hektar areal pertanian milik warga yang ditanami padi berumur 45 hari.

Danpos Ramil Mojoanyar Lettu Inf Akhmad Rifa'i, saat di lokasi kegiatan, mengungkapkan, sejak terjadinya tanggul jebol, pihak Forpimka Mojoanyar bersama BPBD langsung terjun ke lokasi selanjutnya dilakukan perbaikan bersama oleh Babinsa dan warga,  sebagai langkah penanggulangan awal dengan menggunakan sesek dan bambu, sambil menunggu material bantuan dari BPBD.

Kemudian, lanjut Danpos, hari ini, Rabu (26/02) perbaikan tanggul dimaksimalkan dengan menggunakan sak berisi tanah uruk bercampur pasir, lembaran gedek (sesek) sebagai penahan dan bambu untuk pengikat.

"Perbaikan tanggul ini dilakukan bersama-sama Dinas Pengairan dan Kelompok Tani Dusun Jogodayoh. Pekerjaan apapun bila dilakukan secara gotong royong terasa ringan dan lebih cepat selesai," ungkap Danpos yang sehari-hari menjabar Pasandi Kodim 0815/Mojokerto.

Pantauan di lapangan, tampak gabungan personel TNI dari Pos Ramil Mojoanyar, Dinas Pengairan dan Warga yang tergabung dalam Poktan Tani Temen-1, bahu nembahu membenahi tanggul yang jebol.

Berkat kerja keras bersama, dalam waktu beberapa jam,  tanggul yang jebol kondisinya sudah kembali normal. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas