Kodim 0815/Mojokerto Kerahkan Personel Karbak Bakal Lokasi Tanam Vetiver

Mojokerto, - Kodim 0815/Mojokerto kerahkan sejumlah personel dari sejumlah Koramil jajaran untuk melaksanakan karya bakti pembersihan lahan yang disiapkan untuk tanam rumput vetiver, di wilayah Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020).

Di lokasi pertama, karya bakti dipusatkan di Pos Karhutla Perhutani Desa Cembor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Di lokasi ini karya bakti dipimpin langsung Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro.

Dalam karya bakti tersebut, sedikitnya melibatkan 75 orang, terdiri dari anggota Koramil  Pacet dan bantuan personel dari Koramil jajaran Kodim 0815/Mojokerto, anggota Perhutani, anggota Tahura dan warga masyarakat Desa Cembor.

Tampak pula Kanit Patroli Polsek Pacet Ipda Ichwanul mewakili Kapolsek, Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (KBKPH) / Asper Pacet, Gisam dan Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Resort Mojokerto Timur, Adi Sutrisno.

Pantauan di lapangan, pembersihan lahan yang akan digunakan untuk penanaman rumput vetiver seluas satu hektar tersebut menggunakan sabit, parang dan mesin pemotong rumput.

Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, selepas apel pengecekan personel, mengungkapkan, karya bakti ini dilaksanakan untuk persiapan penanaman rumput vetiver di area Perhutani wilayah Desa Cembor. “Lokasi ini sudah ditinjau Dandim 0815/Mojokerto bersama Kasiter Rem 082/CPYJ, Selasa (11/02) lalu,” tegasnya.

Sementara itu secara bersamaan, di wilayah Trawas, karya bakti pembersihan lahan bakal lokasi tanam vetiver dilakukan Koramil 0815/17 Trawas dipimpin Bati Tuud Pelda Didik Utomo. Pembersihan lahan seluas satu hektar berlangsung di Desa Sukosari tersebut melibatkan sedikitnya 30 orang, dari perwakilan Koramil jajaran Kodim 0815 serta diikuti Kanit Patroli Polsek Trawas Iptu Poniman, Kades Sukosari, Purnaji, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Sekedar informasi, tumbuhan vetiver memiliki akar sangat dalam dan cepat tumbuh serta mampu mengikat tanah. Tumbuhan vetiver juga sangat efektif untuk mengurasi erosi tanah, dan mempertahankan kelembaban tanah. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas