Kota Mojokerto Masuk Dalam Nominasi LBS Tingkat Provinsi Jatim

Mojokerto – Tim verifikasi lomba lingkungan bersih sehat (LBS) tingkat Jawa Timur, meninjau Lingkungan Kalimati, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Kedatangan rombongan tersebut, disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Kamis (9/1/2020) pagi.

Peninjauan lomba lingkungan bersih sehat yang dipimpin langsung oleh drg Christina Ratih tersebut, guna memonitoring seluruh kegiatan secara langsung. Dan melihat berbagai inovasi yang dilakukan oleh warga di Lingkungan Kalimati, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan.

Dalam sambutannya, drg Christina mengucapkan selamat kepada Kota Mojokerto yang sudah masuk sebagai nominator Lomba Bersih Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur. Drg. Christina menekankan bahwa kedatangan tim adalah sebagai verifikator bukan penilai. “Kami memverifikasi laporan yang sudah kami terima terkait program dan inovasi di Kota Mojokerto, dengan melihat secara langsung kondisi di lapangan. Apa saja upaya yang telah dilakukan oleh para kader dan bagaimana pembinaan yang telah dilakukan oleh OPD terkait,” ujarnya.

Baca Juga :  Persiapan UKP, Personel Kodim 0815/Mojokerto Jalani Pembinaan Fisik

Drg Christina berharap agar kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan, untuk memotivasi kader, keluarga dan tim penggerak PKK dalam mencapai target Program PKK – KB – Kesehatan.

Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah menyampaikan bahwa, peran PKK dalam penggerakan masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih, dengan kegiatan lingkungan seperti pengelolaan atau pemilahan sampah menjadi kerajinan yang kreatif dan punya nilai jual.

“Kami memanfaatkan pekarangan rumah, sebagai media untuk menanam berbagai sayur mayur, yang dapat mendukung asupan gizi bagi bayi dan ibu hamil. Sekaligus mencegah stunting. Tak hanya itu, kami menggelar PSN yang terintegrasi secara rutin dan berbagai inovasi yang diterapkan guna mendukung terwujudnya lingkungan bersih dan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria mengapresiasi seluruh kader, PKK dan warga Lingkungan Kalimati , sehingga Kelurahan Jagalan mampu terpilih mewakili Kota Mojokerto untuk menjadi nominasi pada kegiatan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi.”Kami berharap pada lomba ini Kota Mojokerto dapat meraih hasil terbaik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sempat Viral di medsos,Pemudik ini akhirnya dapat Bantuan Dari Polres Mojokerto

LBS atau lomba Lingkungan Bersih dan Sehat merupakan upaya dalam meningkatkan mutu hidup sehat, baik dalam rumah maupun di lingkungan sekitar. Hal ini, tidak lain untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. “Kami yakin, Kota Mojokerto mampu menjadi yang terbaik karena memiliki sumber kekuatan dari kekompakan warga yang mendukung,” tandasnya. (Jayak/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *