Inilah Penyebab Pemandian Air Panas Padusan Ditutup

Mojokerto – majalahglobal.com : Wisata pemandian air panas Padusan di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ditutup sementara. Pasalnya, pipa saluran air panas rusak setelah diterjang banjir bandang.

Koordinator kolam renang dan pemandian air panas Padusan Suhartono mengatakan, sejak pukul 11.00 WIB hujan deras mengguyur kawasan Pacet. Sekitar pukul 15.00 WIB, banjir bandang menerjang Sungai Dawuan.

Sungai ini bersebelahan dengan kolam renang dan pemandian air panas Padusan. Sungai Dawuan berhulu di lereng Gunung Welirang.

Meski tak mengakibatkan korban jiwa, banjir bandang merusak 3 pipa saluran air panas. Ketiga pipa itu menyalurkan air panas dari sumbernya di bukit Modang dan Dawuan ke pemandian air panas Padusan.

Baca Juga :  Verifikasi Lokasi TMMD 2025, Kodim 0815/Mojokerto & Pemkab Tinjau Wilayah Mojosari

“Sehingga air panas tidak bisa mengalir ke dalam kolam,” ujar Suhartono, Jumat (27/12/2019).

Oleh sebab itu, lanjut Suhartono, pihaknya terpaksa menutup sementara pemandian air panas Padusan. Pihaknya juga memulangkan sekitar 100 wisatawan yang sedang berlibur di objek wisata alam ini.

“Karena kami khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir bandang 2004 silam,” cemasnyal.

Penutupan pemandian air panas Padusan ini dilakukan sementara hingga pipa yang rusak selesai diperbaiki. Pengelola akan membuka kembali objek wisata alam ini jika kolam air panas benar-benar aman dari ancaman banjir bandang yang lebih besar. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *