Pasipers Kodim 0815 Mojokerto Bekali Wasbang Peserta Optimalisasi Peran Satlinmas

Mojokerto, – Perwira Seksi Personel (Pasipers) Kodim 0815 Mojokerto Kapten Czi M. Saikhu Anwar berkesempatan membekali materi wawasan kebangsaan (Wasbang) pada kegiatan Optimalisasi Peran Satlinmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto, yang berlangsung di Ruang Pertemuan UPT Balai Pelatihan Kerja (BLK), Jalan Raya Pasinan, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (12/11/2019).

Kegiatan Optimalisasi Peran Satlinmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto yang diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto, dibuka Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Drs. M. Karel, MM.

Menurutnya, kegiatan optimalisasi peran Satlinmas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan mensukseskan Pilkada 2020 mendatang.

Sementara itu, Pasipers Kodim 0815 Mojokerto Kapten Czi M. Saikhu Anwar, dalam materi bertajuk “Bela Negara Dalam Upaya Menciptakan Ketahanan Nasional Guna Menjaga Keutuhan NKRI”, menjelaskan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara yang harus dimiliki setiap warga negara.

Baca Juga :  Dandim 0815/Mojokerto Bareng Forkopimda Cek Kesiapan Pos Pam Lebaran 1445 H

Dipaparkan Pasipers, tentang bela negara dan upaya yang dilakukan dalam pembelaan negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara. “Bela negara ini merupakan hak sekaligus kewajiban seluruh warga negara,” tandasnya.

Lebih jauh Pasipers menjelaskan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang salah satu tugasnya menjaga keamanan di lingkungan masyarakat merupakan salah satu penerapan upaya bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Kapten Czi M. Saikhu Anwar juga menyingung tentang ketahanan nasional, harus diawali dari ketahanan keluarga yang merupakan miniatur negara.  Bila dalam keluarga sudah terbentuk kemudian meningkat pada level di atasnya, yakni lingkungan, desa, dan daerah maka akan terwujud pada skala nasional.

Dihadapan 100-an peserta kegiatan, Kapten Czi M. Saikhu Anwar menegaskan, untuk mengoptimalkan peran Satlinmas selaku garda terdepan keamanan di masyarakat, maka dalam pelaksanaan tugasnya harus koordinasi dengan unsur Tiga Pilar Desa/Kelurahan.

Baca Juga :  Sempat Viral di medsos,Pemudik ini akhirnya dapat Bantuan Dari Polres Mojokerto

Hadir dalam kegiatan, antara lain Para Kabid dan Kasi Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Para Peserta Optimalisasi Peran Satlinmas perwakilan dari sembilan kecamatan, yakni Gedeg, Kemlagi, Jetis, Dawarblandong, Trowulan, Trowulan, Sooko, Puri, Bangsal dan Mojoanyar, masing-masing 10 peserta. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *