Napak Tilas Kiai Nawawi, Jadi Momentum Sakral Peringati Hari Pahlawan

 Mojokerto - Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November sekaligus memperingati gugurnya pejuang kemerdekaan RI Kiai Nawawi, menjadi momentum khusus bagi Pemerintah Kota Mojokerto. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari,  menyambut kedatangan peserta napak tilas memperingati gugurnya pejuang syuhada Kemerdekaan RI KH Nawawi di halaman Gedung GMSC, Minggu (10/11) pagi.


Ribuan peserta dari anggota NU, Muslimat NU, GP Ansor,  Banser, Pemuda Panca Marga, Anggota Pramuka, Tagana, Santriwan-santriwati Pondok Pesantren dan organisasi masyarakat  lainnya, diberangkatkan dari garis start di Dusun Sumantoro Desa Plumbungan Sidoarjo Sabtu (9/11) sekitar pukul 21.00 wib dan tiba pada Minggu (10/11) pagi di halaman Gedung GMSC.


Ning Ita, sapaan akrab wali kota, mengapresiasi para peserta yang telah turut serta mengenang gugurnya komandan Laskar Sabilillah dan Hizbullah saat perang Kemerdekaan 1945-1946, sekaligus santri dari Mojokerto yakni Kiai Nawawi. Ia berharap, generasi muda kelak dapat meneruskan cita-cita perjuangan para syuhada, serta terus menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.


"Kepemimpinan dan semangat heroik Kiai Nawawi, sudah sepatutnya kita sebarkan dan pupuk di kalangan penerus bangsa ini. Perjuangan kita, tidak lagi melawan penjajahan, atau perlawanan secara fisik. Namun, tantangan saat ini yang kita hadapi adalah bagaimana kita bisa mempertahankan NKRI serta Pancasila dan UUD 45 tetap terus terjaga," tegasnya.


Dalam kegiatan ini, Ning Ita berkesempatan menerima replika keranda Kiai Nawawi dari Pramuka dan PPI. Yang kemudian diserahkan kepada keluarga Kiai Nawawi. Sebelum napak tilas digelar, sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksakan. Mulai dari Sema'an Al - Quran, Kamis (7/11) di Masjid An - Nawawi dan Upacara Ziarah di Makam KH Nawawi, Jumat (811) di Dusun Sidoharjo, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.


Usai menyambut peserta Napak Tilas, Ning Ita melanjutkan kegiatan upacara dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Upacara dipimpin oleh Kapolres Mojokerto Kota AKBP Bogiek Sugiyarto, dan dihadiri Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakariah, Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan para pelajar di Kota Mojokerto. Usai upacara, kegiatan ditutup dengan tabur bunga di pusara para pahlawan. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas