Jelang Panen, Babinsa Bersama BPP & Petani Pugeran Lakukan Pengubinan Jagung

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto melalui jajarannya terus melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaan. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Koptu Trilaksono bersama Kepala BPP Kecamatan Gondang Muklisah, SP melaksanakan pengubinan jagung di lahan milik H. Rofi'i, Dusun Kauman Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (20/11/2019).

Babinsa Pugeran, Koptu Trilaksono, saat di lokasi kegiatan mengatakan, pengubinan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui potensi produksi panen jagung.  Pengubinan di lahan yang ditanami jagung varietas Bisi 226 didapat, jumlah tongkol 46, rumpun 43, dan berat ubinan 10 kilogram. Dengan demikian diperkirakan hasil yang akan didapat pada panen nanti sekitar 7,6 ton/ha.

Koptu Trilaksono berharap, melalui teknik pengubinan yang diajarkan Pihak BPP dan PPL ini dapat menambah pengetahuan para petani untuk diterapkan setiap kali menjelang panen sehingga dapat memperkirakan sendiri hasil panen yang akan dicapainya.

Sementara itu, pemilik lahan, H. Rofi'i, anggota Poktan Margo Tani Mulyo II, menyambut positif apa yang dilakukan Babinsa bersama petugas BPP Gondang yang melakukan pengubinan di lahan miliknya. “Melalui pengubinan ini, dirinya dapat mengetahui perkiraan hasil panen yang akan diperoleh pada panen mendatang’”ungkapnya.

Pantauan di lapangan tampak Koordinator PPL Kecamatan Gondang, Muklisah, SP beserta PPL, Babinsa, dan petani bersama-sama melakukan pengubinan dengan membawa sejumlah perlengkapan berupa meteran, tali, bilah besi empat buah dengan panjang 2,5 meter, sabit, terpal, tampah, karung, dan timbangan.

Masih di wilayah Koramil 0815/18 Gondang, kegiatan pengubinan dan panen jagung juga berlangsung di  Dusun Ketintang Desa Bakalan.  Pengubinan dan panen jagung di lahan seluas 0,7 hektar yang ditanami jenis jagung varietas Bisi 816, milik Suprapto, anggota Poktan Agawe Makmur, dilakukan langsung Kepala BPP Gondang, Muklisah, SP, bersama Babinsa Pelda Rudy Suhartono, dan Kapoktan Latif Utomo, dengan hasil tongkol 38, jumlah rumpun 36 dan berat ubinan 11,5 kilogram. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 







Atas