Jelang Musim Hujan Petani Kecapangan Tanam Padi IR 64

Mojokerto, – Menjelang musim hujan tahun ini petani Dusun Kecapangan Desa Ngoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  menanam padi varietas IR64 dengan didampingi Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto, Serda Nuriadi, Selasa (19/11/2019).

Pada kegiatan tersebut, Serda Nuriadi bergabung dengan para petani yang memang sudah akrab dalam kesehariannya karena para petani tersebut bagian dari warga desa binaan. Serda Nuriadi pun tak canggung untuk membantu menanam padi di lahan sawah seluas 0,6 hektare milik Yanto, anggota Poktan Tani Kecapangan.

Sudah umum diketahui bahwa Varietas padi IR 64 banyak menjadi pilihan para petani dikarenakan jenis padi ini tahan terhadap virus kerdil rumput yang dibawa oleh hama WBC (Wereng Batang Coklat/nilaparvata lugens) type 1 dan 2.

Baca Juga :  Program Padat Karya, Babinsa Dawarblandong Bersama Warga Bangun Jalan Baru

Selain itu umur atau masa tanam varietas ini lebih pendek, yakni antara 110-125 hari dan potensi hasil produksinya yang tinggi. “Bahkan beras IR64 ini sangat digemari konsumen karena rasa nasinya enak,”jelas Serda Nuriadi.

Dikatakan Serda Nuriadi, selaku Babinsa kehadirannya harus menjadi motivator bagi para petani guna mensukseskan swasembada pangan di wilayahnya. “Tidak hanya saat tanam padi saja, aktivitas pendampingan sudah dilakukan sejak pendistribusian benih dan pupuk, saat pengolahan lahan, masa perawatan hingga panen bahkan dalam distribusi hasil panen,” ungkapnya. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *