Desa Sumber Mulya,Kawasan pertanian yang Kini Viral Jadi Desa wisata Berbasis Taman dan Sirkuit motor cross






Banyuasin - majalahglobal.com:Desa Sumber Mulya sebelumnya merupakan Salah satu Desa yang merupakan Penghasil padi dan hasil bumi lainnya,tak jauh beda dengan Desa yang ada di kecamatan muara Telang.Desa yang terletak di Kabupaten Banyuasin,Sumatera Selatan.

Desa Sumber Mulya memiliki banyak potensi.Secara geografis,desa tersebut dikelilingi sungai dan rawa yang kaya akan flora dan fauna.Kebudayaannya juga kental,kesenian kuda lumping,serta kegiatan PKK yang sangat membanggakan masyarakat karena telah meraih juara pertama dalam lomba kegiatan yang di selenggarakan kabupaten Banyuasin dan pemerintah provinsi sumatera selatan.

Kondisi Desa Sumber Mulya menyentuh Hendroyono. Salah seorang pengusaha di Kabupaten Banyuasin.Dia pun berinisiatif untuk mengubah keadaan.Pada 2017, dia memotori sebuah program untuk membuat Desa Sumber Mulya menjadi Desa wisata Berbasis Taman dan kegiatan pemacu adrenalin berupa pembangunan sarana sirkuit motor cross yang dinamakan (Taman wisata Asmara).

“Walaupun jauh dari pusat kecamatan maupun kabupaten, Desa Sumber Mulya punya potensi wisata,”ujar Hendri.

Program ini berupaya memaksimalkan potensi Desa Sumber Mulya dalam berbagai aspek.Agar menjadi objek wisata yang diminati,program ini menyulap kebun dan fasilitas umum menjadi desa wisata.Wisata pemacu adrenalin sebagai minat pemuda dalam mengembangkan kreativitas serta hoby dalam memacu kendaraan roda dua pun tersedia di desa ini,Selain itu wisatawan dapat melihat pemandangan alam.dengan Background hamparan sawah petani yang terletak di sebelah di samping taman itu sendiri,
Wili juga menyadari bahwa budaya Desa Sumber Mulya sangat berpotensi. Karena itu, pengembangan dan pelatihan dilakukan.Melibatkan pemuda desa,dalam pengembangan Souvenir.

Untuk membuat Desa Sumber Mulya agar lebih dikenal,Hendri juga melakukan inovasi digital dengan memasarkannya lewat  media sosial.

Pada awalnya, program Desa wisata sempat mengalami jatuh bangun dalam penyediaan sarana pelengkap rekreasi keluarga,Hal itu disebabkan karena Sumberdaya manusia serta masih banyaknya masyarakat yang belum siap untuk menghadapi perubahan.Namun, lewat sosialisasi dan pengertian, akhirnya mereka setuju untuk mengembangkan desa tersebut.

Perjuangan Hendri dan masyarakat Desa Sumber Mulya membuahkan hasil. Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun,perubahan mulai terasa.Tercatat sudah ada setidaknya 500 wisatawan yang mengunjungi Desa Sumber Mulya dalam perharinya,dari wisata taman dan Sirkuit motor cross.sehingga di harapkan Masyarakat dan UKM di Desa Sumber Mulya pun beranjak naik.

Banyaknya kunjungan ke Desa Sumber Mulya pun dipengaruhi juga oleh keviralannya di media sosial,mengenai desa tersebut, bahkan di antaranya sudah memiliki ribuan views.

Selain kondisi ekonomi yang meningkat,gaya hidup masyarakat Desa Sumber Mulya juga semakin membaik. Sebelumnya.

Kesuksesan transformasi Desa Sumber Mulya tidak terlepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak.Salah satunya adalah Peran pemerintah desa,serta banyaknya sarana pendukung lainnya.

Hendri juga memberikan pesan bagi orang lain yang ingin membangun desa wisata sepertinya.Menurutnya,inovasi serta kerjasama adalah kunci.

“Apabila kita sudah melakukan inovasi,insyaaallah akan ada pihak-pihak lain yang membantu untuk mengembangkan,”ujarnya.(Tri Sutrisno)
Malang
Ponorogo

 







Atas