Penutupan BID, Wabup Mojokerto Harap Inovasi Makin Optimal

Mojokerto – Bursa Inovasi Desa (BID) Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Mojokerto tahun 2019 Cluster 4  (mencakup Kecamatan Jatirejo, Gondang, Trawas, dan Pacet), menutup seluruh kegiatan BID 2019 yang sudah dilaksanakan sejak cluster 1 pada 30 September lalu.

Penutupan cluster 4 yang mengusung tema “Mengembangkan potensi lokal desa melalui perencanaan inovatif”, dilaksanakan Kamis (3/10) pagi di Balai Desa Pacet, dengan dihadiri Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi.

Beberapa inovasi desa cluster 4 yang ditampilkan antara lain inovasi Sarana Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kirana Hati Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas, pada bidang perekonomian ada inovasi kuliner dan budaya persembahan Kecamatan Pacet. Kecamatan Gondang pun ikut membuat inovasi yakni penyediaan fasilitas pendukung tempat wisata Bukit Semar di Desa Dilem, serta Kecamatan Jatirejo yang membuat inovasi perpustakaan desa di desa Baureno.

Baca Juga :  Dandim 0815/Mojokerto Pimpin Acara Korp Rapot Alih Tugas Danramil Jatirejo

Ardi Sepdianto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP) Kabupaten Mojokerto sekaligus panitia pelaksana acara, mengatakan bahwa BID yang sudah digelar selama beberapa hari ini guna menjembatani pemerintah desa dalam hal pemberdayaan masyarakat, serta pemanfaatan Dana Desa (DD) secara efisien.

Sedangkan Wakil Bupati Pungkasiadi, pada sambutan arahan menyatakan dukungan secara penuh terhadap BID. Menurutnya program dinilai mampu mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan DD. Serta memberikan banyak referensi, dan inovasi-inovasi pembangunan desa. Dirinya juga berharap agar program ini mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki.

“Saya kira BID yang sudah kita gelar selama beberapa hari ini, mampu memberi pemerintah desa sebuah referensi dalam merencanakan, dan menjalankan pembangunan desa. Serta menggunakan DD lebih optimal dan bermanfaat. Semoga BID yang telah kita laksanakan, membawa manfaat besar bagi perkembangan desa ke depannya,” kata wabup. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *