RUNNING NEWS :
Loading...

DPRD Banyuwangi Soroti Adanya Pos Anggaran yang Turun Drastis

BANYUWANGI – majalahglobal.com : Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, mendapati sejumlah pos anggaran yang tertuang kedalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS APBD 2020) turun drastis, Rabu (23/10/3019).

Berdasarkan hasil pembahasan di tingkat Komisi, ada beberapa catatan yang menyedot perhatiannya. Hingga perlu diadakan pembahasan lebih lanjut mengenai anjloknya pos anggaran tersebut.

Salah satunya, yakni pagu anggaran yang disediakan untuk Dinas Pertanian hanya sebesar Rp 18,7 miliar. Angka tersebut mengalami penurunan drastis, jika dibandingkan tahun 2019 yang dialoakasikan sebesar Rp 78 miliar.

Hal itu disampaikan ketua DPC Partai Demokrat tersebut, usai memimpin rapat penerimaan laporan bersama Komisi terkait hasil pembahasan KUA-PPAS APBD 2020 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerjanya.

"Hari ini, semua komisi melaporkan hasil pembahasan bersama mitra kerjanya kepada Pimpinan Dewan," jelas Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy.

Menurutnya, sektor pertanian mempunyai peran penting dalam pengentasan masyarakat pedesaan dari kemiskinan. Karena lebih dari 60 persen penduduk tinggal di pedesaan, dan sebagian besar dari mereka adalah petani, dengan pendapatan utamanya dari sektor pertanian.

"Sebab itu, Komisi II selaku mitra kerja Dinas Pertanian berharap agar ada penambahan anggaran, mengingat sektor pertanian masih menjadi program prioritas dan menjadi penggerak ekonomi," jelasnya.

Michael Edy,  juga menyoroti target penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) yang rupa-rupanya mengalami penurunan dibandingkan dengan APBD Tahun 2019. Dimana, pada saat rapat berlangsung Komisi III menyampaikan agar Pemkab dapat memaksimalkan potensi yang belum tersentuh guna mendompleng penerimaan PAD.

Kedepan, lanjut Michael Edy, seluruh hasil pembahasan akan dibahas oleh secara internal oleh Badan Anggaran (Banggar). Hal itu guna memutuskan, perlu atau tidaknya dilakukan penambahan anggaran.

"Barulah setelah itu, Badan Anggaran akan melakukan pembahasan lanjutan KUA-PPAS APBD 2020 bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Rencananya, pada 29 Oktober besok," ujar Michael Edy Hariyanto, Wakil DPRD Banyuwangi. (Jayak)
Malang
Ponorogo

 
Atas