DPRD Banyuwangi RDP Formasi CPNS 2019 Dengan BKD

BANYUWANGI – majalahglobal.com : Kabar gembira bagi para sarjana Bumi Blambangan, pada tahun 2019 ini, bakal dibuka pendaftaran 276 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 (CPNS 2019). Formasi ini didasarkan pada kuota yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB) kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Senin (28/10/2019).

Pendaftaran CPNS sekaligus pengumumannya akan dibuka pada bulan November mendatang. Tahapan seleksi juga bakal dilaksanakan pada bulan tersebut. Namun untuk pengumuman hasil seleksi administrasi baru akan diumumkan pada bulan Desember.

Untuk pelaksanaan seleksi pertama dan kedua yakni, Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang, akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020.

Kemudian bagi yang lolos tes pertama, selanjutnya akan mengikuti seleksi tes kedua pada Bulan Maret. Sedangkan untuk hasil keseluruhan seleksi CPNS 2019 akan diumumkan pada bulan April 2020.

Pemkab Banyuwangi sebenarnya telah mengusulkan formasi CPNS kepada Menpan RB sejumlah 1.234 formasi. Dengan rincian, 217 kuota untuk tenaga pendidikan dan 579 untuk tenaga kesehatan. Sementara 438, diperuntukkan bagi tenaga teknis lainnya.

Baca Juga :  Halal Bihalal Dengan Warga Kecamatan Mojoanyar, Bupati Ikfina Sampaikan Apresiasi Turut Jaga Kondusifitas Covid-19 - Pemilu 2024

Namun berdasarkan surat balasan Menpan RB, Kabupaten Banyuwangi hanya memperoleh kuota CPNS sejumlah 276 saja untuk tahun ini. Dimana, 176 kuota untuk tenaga pendidik dan 100 kuota untuk tenaga kesehatan.

Dari 176 kuota untuk tenaga pendidik, hanya terdapat 8 slot untuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sisanya, ada 168 slot untuk guru Sekolah Dasar (SD). Sedangkan dari 100 kuota untuk formasi tenaga kesehatan, meliputi 38 slot untuk dokter umum dan 2 slot untuk dokter gigi. Kemudian ada 8 slot untuk asisten apoteker dan 13 slot untuk bidan terampil, serta 39 slot untuk tenaga kesehatan terampil lainnya.

Informasi formasi CPNS di Kabupaten Banyuwangi ini diketahui pada saat rapat dengar pendapat Komisi 1 dan Pimpinan DPRD bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD), di ruang Komisi I, Senin (28/10/2019).

Baca Juga :  Kades Kebontunggul Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Museum Budaya Nusantara 5

“Kita sengaja mengundang BKD untuk rapat dengar pendapat bersama pimpinan Dewan dan komisi 1. Guna menanyakan berapa kuota CPNS 2019 yang diperoleh Kabupaten Bumi Blambangan ini, serta kapan dibuka pendaftaran serta bagaimana seleksinya,” ujar Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *