Desa Sumberkarang Wakili Kab. Mojokerto Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Tahun 2019

Mojokerto – majalahglobal.com : Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu, terpilih mewakili Kabupaten Mojokerto dalam lomba kampung KB tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Penilaiannya dilakukan Kamis pagi kemarin (3/10), oleh tim penilai provinsi yang dipimpin Maria Ernawati, dengan disambut langsung Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, dan Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi.

Dari total 1.424 Kampung KB di Jawa Timur yang mengikuti lomba, Kabupaten Mojokerto sendiri masuk dalam 7 daerah Nominasi bersama Kabupaten Trenggalek, Kota Pasuruan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Ponorogo.

“Tujuan Kampung KB adalah untuk menyejahterakan masyarakatnya. Sebab Kampung KB, paling tidak harus mampu memenuhi tiga standar penilaian. Yakni tingkat derajat kesehatan, pendidikan, dan pendapatan perkapitanya,” terang Maria Ernawati.

Erna juga sedikit bercerita tentang awal mula diadakannya Kampung KB. Tepatnya saat moment blusukan Presiden Jokowi yang awalnya menyasar Kampung KB hanya di dusun atau RW. Namun, pada tahun 2017 lingkupnya diperluas lagi hingga tingkat desa.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Mojokerto Silaturahmi Ke Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0815/Mojokerto

Selanjutnya Wakil Bupati Pungkasiadi, pada sambutan juga mengaspresiasi Desa Sumberkarang yang dinilai telah layak mewakili Kabupaten Mojokerto pada lomba Kampung KB 2019. Bukan tanpa alasan, Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu mampu menunjukkan eksistensi dalam menyejahterakan masyarakatnya.

Di bidang kesehatan misalnya. Peserta KB aktif Desa Sumberkarang jumlahnya naik dari 478 peserta di tahun 2018, menjadi 631 di tahun 2019. Terbinanya Pusmupar dan Pospartum, semua Ibu hamil dan menyusui terlayani kesehatan KB, semua keluarga dengan anakusia 0-6 tahun terlayani BKB, semua anak usia 0-18 tahun mendapatkan akta kelahiran, meningkatnya partisipasi keluarga PRA-S dan KS 1 dalam kelompok UPPKS, kelompok usila/lansia terlayani BKL/Posbindu, dan beberapa lainnya.

Juga ada beberapa inovasi pendukung lain seperti KIA mobile, Warung Posyandu, Panggung Boneka, kelas ibu hamil, layanan spa bayi, Pos Bindu Plus, cooking class, kebun sayur balita, dan kolam renang balita sehat. Semua program ini, tak lepas dari peran dan komitmen Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto pimpinan Joedha Hadi.

Baca Juga :  Bupati Ikfina Silaturahmi Idul Fitri Ke Sejumlah Ulama Di Kabupaten Mojokerto

“Kampung KB Sejahtera Desa Sumberkarang, layak menjadi percontohan bagi desa lain di Kabupaten Mojokerto. Saya bangga Kampung KB Sumberkarang dapat mewakili Kabupaten Mojokerto di lomba Kampung KB 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur. Saya juga berharap semua puskesmas di Kabupaten Mojokerto bisa melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat,” kata Wabup. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *