Petani Keluhkan Harga Getah Karet yang Terus Menurun

OKI – majalahglobal.com : Harga getah karet di tingkat petani di Desa Marga Bakti kecamatan Mesuji terus menurun hingga Rp5.000 per kilogram (kg). Murahnya harga karet ini dikeluhkan petani di wilayah tersebut.

Berdasarkan penuturan petani”Yanto.(14/09/2019). Harga getah karet kualitas sedang di tingkat petani terus anjlok hingga menjadi Rp5.200/kg.

“Penurunan harga getah karet ini sudah berlangsung lama, sejak awal tahun 2014 lalu. Hingga kini belum ada kenaikan yang pantas atau stabil.Akibat turunnya harga ini, sejumlah petani karet di Lubuklinggau menjadi tak bergairah untuk menyadap getah karet. Terlebih saat ini harga getah karet tak sebanding dengan harga kebutuhan pokok yang terus melambung, seperti harga beras yang sudah mencapai Rp10.000/kg.

“Kami berharap pemerintah khususnya pemerintah kabupaten OKI,untuk segera memperhatikan nasib kami, khususnya menstabilkan kembali harga karet yang sebelumnya stabil diharga Rp12.000/kg,” Ucapnya.

Saat di temui di ruang Kerjanya Kepala desa”Ali Sodik.Mengatakan Penurunan harga karet di desanya sudah berlangsung lama,Sehingga berimbas turunnya daya beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Di Perparah lagi dengan Kebutuhan Akan biaya pendidikan yang semakin Meningkat, Sehingga dirinya mengharap Peran serta aktip dari dinas terkait untuk dapat menstabilkan harga di tingkat petani.(Sihabudin NST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *