Kode Etik Internal Wartawan majalahglobal.com

KODE ETIK INTERNAL WARTAWAN www.majalahglobal.com


Pers merupakan sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi demi memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas hidup. Kemerdekaan berpendapat dan berekspresi dilindungi Undang-undang 1945 serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Untuk menjamin semua itu dan hak publik, wartawan www.majalahglobal.com wajib memenuhi landasan etika dan moral sebagai pedoman.  

Kode Etik Wartawan www.majalahglobal.com :

1. Membedakan Fakta dan Opini
Wartawan www.majalahglobal.com dalam menyampaikan informasi tidak mencampurkan fakta dan pendapat pribadi.

2. Tidak Menyebutkan Identitas Korban Asusila dan Anak-anak Pelaku Tindak Pidana
Wartawan www.majalahglobal.com tidak menyebutkan identitas korban asusila dan anak-anak (dibawah 17 tahun) pelaku tindak pidana agar tidak muncul pelaku baru dari orang terdekatnya.

3. Berimbang dalam Pemberitaan
Wartawan www.majalahglobal.com memberikan berita yang berimbang dari kedua belah pihak.

4. Beritikad Baik
Wartawan www.majalahglobal.commemiliki niat baik untuk selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah.

5. Menghargai Informasi “Off The Record”
Wartawan www.majalahglobal.com menghargai informasi dari narasumber anonim yang tidak mau disebutkan namanya, karena berdampak pada keamanan diri serta keluarganya apabila dikenali jati dirinya.

6. Menghargai Keanekaragaman Sikap
Wartawan www.majalahglobal.com menghormati keanekaragaman sikap dan pandangan masyarakat dan menghindari kebencian, prasangka serta diskriminasi.

7. Melakukan Cek dan Ricek
Wartawan www.majalahglobal.com menyampaikan informasi yang akurat dan obyektif setelah melakukan cek dan ricek.

8. Tidak Menerima Suap dan Menyalahgunakan Profesi
Wartawan www.majalahglobal.com tidak menyalahgunakan profesi untuk menerima imbalan dalam bentuk suap, uang maupun barang dari narasumber atau pihak lain.

9. Tidak Mendistorsi Berita, Kutipan, Foto dan Video
Wartawan www.majalahglobal.com tidak melakukan kesengajaan untuk menyimpangkan fakta dari berita, kutipan, foto dan video dari substansinya.

10. Tidak Menjiplak dan Mengutip Berita Maupun Foto Tanpa Menyebutkan Sumber Aslinya
Wartawan www.majalahglobal.com tidak mengutip berita maupun foto dari media lain tanpa menyebutkan sumber aslinya yang tertulis dibawah berita, dalam bentuk anchor teks (tautan) menuju laman media aslinya.

11. Bersikap Independen
Wartawan www.majalahglobal.com memberitakan fakta tanpa campur tangan, intervensi dan paksaan dari pihak lain, termasuk pimpinan perusahaan pers.

12. Menjunjung Tinggi Informasi yang Teruji
Wartawan www.majalahglobal.commenjunjung tinggi informasi yang teruji dan bertanggungjawab kepada masyarakat atas informasi yang disampaikan.

13. Menghormati Privasi
Wartawan www.majalahglobal.com meghormati privasi seseoran dan keluarganya, kecuali bila ada kepentingan publik yang dipertaruhkan.

14. Melakukan Ralat dan Melayani Hak Jawab
www.majalahglobal.com melakukan ralat dan memberikan hak jawab apabila diketahui terdapat kekeliruan dalam pemberitaan. Mekanisme ralat sesuai dengan Panduan Media Siber Dewan Pers.

Mojokerto, 22 Maret 2014

 

Ttd

Jayak Mardiansyah

Pimpinan Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *