Bupati Mojokerto: Kades Harus Cakap Kelola Pemerintahan Desa

MOJOKERTO – MG : Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, meminta 39 orang kades (4 orang hasil pilkades antarwaktu dan 35 orang dari pilkades serentak) agar meningkatkan kapasitas kerja dan cakap dalam pengelolaan tatanan pemerintahan desa, yang Ia amanatkan dalam acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Kabupaten Mojokerto, di Pendopo Graha Majatama, Rabu (2/11/2016).
    
“Saya minta kepada 39 orang kades (kepala desa) yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, untuk terus memacu diri baik dan cakap dalam memimpin serta mengelola tatatan pemerintahan di desa masing-masing. Desa adalah ujung tombak pembangunan, saya harap kades yang terpilih mempunyai kapabilitas dalam menjalani kewajiban sampai enam tahun ke depan,” jelas bupati.
    
Selain hal-hal di atas, secara jelas bupati juga memiliki ekspektasi agar kades memiliki pengetahuan lebih dan mampu menjalankan administrasi kedinasan secara baik.
    
“Kades yang terpilih sudah menangkap pola pembangunan di Kabupaten Mojokerto seperti apa, mereka sudah bisa memetakan (apa saja yang harus dibangun di desa). Segera setelah pelantikan, kades harus melaksanakan visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program. Semua harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan. Tidak lupa juga dengan prinsip dasar pemberdayaan, transparansi, akuntabilitas, keberlanjutan dan partisipasi,” tambah bupati.
    
Orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto tersebut tidak lupa berpesan agar kades terus melaksanakan konsolidasi dengan semua perangkat desa, serta menjalin kemitraan dengan BPD serta semua elemen masyarakat. Cermat memperhatikan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, kelola dan berdayakan potensi unggulan desa, juga ditekankan bupati sebagai modal untuk mencari sumber pendapatan mandiri desa.
    
Sebagai tambahan informasi penting, masih akan ada pelantikan 4 orang kades yang akan menyusul di tanggal 28 November mendatang. Antara lain pelantikan Desa Dilem (Kecamatan Gondang), Desa Kemasantani (Kecamatan Gondang), Desa Gunungan (Kecamatan Dawarblandong) dan Desa Puri (Kecamatan Puri).
    
Hadir juga dalam acara ini Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Ketua TP-PKK serta Wakil I Ketua TP-PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa dan Yayuk Pungkasiadi, pimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi, Sekdakab Mojokerto, Herry Suwito, unsur Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan SKPD. (Jayak/Adv)
Baca Juga :  Sempat Viral di medsos,Pemudik ini akhirnya dapat Bantuan Dari Polres Mojokerto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *